Apa Aman Matikan Mesin Mobil Saat AC Menyala?

INews.id, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 52 2285340 apa-aman-matikan-mesin-mobil-saat-ac-menyala-lxNRcXplq6.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebelum mematikan mesin mobil, biasanya AC akan dimatikan terlebih dahulu. Tetapi, terkadang pengemudi mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC terlebih dahulu.

Misalnya, saat mengisi bensin atau terburu-buru saat parkir. Kebiasaan ini terdengar lumrah, tapi apa dampaknya pada mesin atau komponen mobil lain? Apakah bisa menimbulkan kerusakan?

"Tidak berpengaruh (ke mesin). Karena ECU mobil-mobil terbaru sanggup mematikan kompresor secara otomatis sebelum mesin mobil dinyalakan," ujar Pemilik bengkel mobil Mutiara Motor Sukma Wijaya dilansir dari iNews.id, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Produsen Mobil Listrik China Bangun Pabrik Baru Senilai Rp8,7 Triliun

Baca juga: Biaya Perawatan dan Perbaikan Mobil Listrik Lebih Hemat 50%

Sukma menjelaskan, sejak pendingin udara pada mobil ditemukan sekitar tahun 70-an, hingga saat ini tidak banyak komponen yang mengalami perubahan, seperti kompressor, kondesor, receiver, drier, dan evaporator.

"Yang membedakan pada AC di mobil-mobil zaman sekarang adalah adanya sistem ECU. Teknologi ini memastikan bahan bakar dan baterai dapat digunakan secara efektif untuk menghidupkan mesin," kata Sukma.

"Tak hanya itu, ECU juga secara otomatis akan memutuskan koneksi ke semua perangkat listrik jika kondisi mobil dalam keadaan mati," ujarnya.

Namun, dampak buruk mematikan mesin mobil dalam kondisi AC masih hidup tidak berlaku pada mobil-mobil lawas. Terlebih yang belum dilengkapi dengan sistem ECU.

"Pada mobil lama, bila AC masih hidup saat mesin dimatikan, khawatir memberatkan kerja mesin. Tujuan mematikan AC saat hendak menyalakan mesin agar kompresor AC tidak membebani motor starter dan baterai," ujar Sukma.

(wdi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini