5 Cara Merawat Ban Mobil di Musim Hujan

Sindonews, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 52 2285413 5-cara-merawat-ban-mobil-di-musim-hujan-tiERzDU7Ft.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ban merupakan bagian dari mobil yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, ban merupakan satu-satunya fitur dari kendaraan yang berhadapan langsung dengan kondisi jalan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat ban agar tetap dalam kondisi baik sehingga mobil aman dan nyaman untuk diajak berkendara, seperti dilansir dari Sindonews.com.

Pertama, menjaga tekanan udara yang tepat pada ban. Kekurangan tekanan angin berdampak pada keausan pada tepi luar telapak ban (atau bahu). Selain itu, juga dapat menghasilkan panas berlebihan yang mengurangi daya tahan ban.

Baca juga: Produsen Mobil Listrik China Bangun Pabrik Baru Senilai Rp8,7 Triliun

Baca juga: Car Seat Menghadap Belakang Diwajibkan untuk Anak dengan Berat 12 Kg

Sedangkan kelebihan tekanan angin dapat menyebabkan distribusi berat tidak merata di dalam kendaraan sehingga menyebabkan kerusakan lebih cepat dan keausan tidak merata, juga memperpendek umur ban.

Kedua, lakukan balancing dan alignment, sebab dengan kondisi ban yang seimbang dan selaras dengan kendaraan dapat memperpanjang umur pakai ban.

Ketiga, lakukan inspeksi visual secara berkala, periksalah bagian telapak ban secara kasat mata, apakah ada benda tajam yang mungkin telah menusuk ban ataupun kerikil-kerikil tajam yang terselip pada kembangan ban.

Keempat, lakukan perbaikan secara langsung, sangat penting untuk mengetahui kapan ban harus diperbaiki dan diganti. Jika ban kehilangan tekanan udara, maka ban tersebut harus dikeluarkan dari roda untuk pemeriksaan internal yang lengkap sehingga dapat memastikan ban tersebut tidak rusak.

Kelima, beli ban dengan kualitas yang baik. Pastikan memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini