Saingi Tesla, Huawei Bertekad Jadi Produsen Mobil Pintar

Sindonews, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 52 2286041 saingi-tesla-huawei-bertekad-jadi-produsen-mobil-pintar-V6RBSmMCUk.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kesuksesan Tesla menginspirasi Huawei untuk menjadi lebih dari sekadar vendor komponen otomotif. Kini, Huawei dilaporkan mulai mengerjakan bisnis mobil pintar. Sepertinya Huawei ingin melebarkan sayap dengan berinovasi di industri otomotif China.

Meski lebih dikenal sebagai perusahaan infrastruktur telekomunikasi dan produsen smartphone, Huawei memiliki banyak jalur bisnis.

Misalnya pada 2013, Huawei membentuk divis baru yang bertugas untuk mengembangkan produk mobil otonom.

Meski begitu, Huawei belum sepenuhnya terjun dalam produksi mobil otonom. Sejauh ini, Huawei baru sebatas melayani cloud di mobil, kokpit canggih, dan platform self-driving.

Baca juga: Biaya Perawatan dan Perbaikan Mobil Listrik Lebih Hemat 50%

Baca juga: Car Seat Menghadap Belakang Diwajibkan untuk Anak dengan Berat 12 Kg

Saat ini, Huawei telah menjalin kesepakatan bisnis untuk mengembangkan aplikasi 5G dengan 18 pembuat mobil di China.

Selain itu, Huawei juga telah memiliki layanan HiCar. Layanan ini memiliki kemampuan menjadi platform hiburan dalam mobil, yang mirip dengan CarPlay Apple. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Sebelumnya, Huawei mungkin tidak terlalu fokus pada bisnis otomotifnya. Namun, saat ini bisnis gawai Huawei tak dapay dipungkiri masih dalam tekanan, terlebih setelah diboikot oleh Amerika Serikat.

Didasari hal tersebut, Huawei sepertinya mulai mencoba fokus di sektor otomotif, karena melihat potensi yang menjanjikan di bisnis ini. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini