Pengendara Wajib Waspada pada 10 Menit Pertama Saat Hujan Turun

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 52 2286189 pengendara-wajib-waspada-pada-10-menit-pertama-saat-hujan-turun-JF9YoAhvtg.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Musim hujan telah bergulir. Hujan yang deras terkadang membuat jalanan dipenuhi oleh air tergenang. Saat seperti ini kerap terjadi aquaplaning.

Aquaplaning merupakan situasi di mana ban mobil atau kendaraan Anda tidak benar-benar menyentuh tanah atau permukaan jalan karena jalanan tergenang air. Ada beberapa kalangan yang menyebut sebagai hydroplaning.

Aquaplaning menjadi berbahaya karena dalam kondisi tersebut mobil kehilangan traksi penuh pada aspal atau jalanan. Hal ini membuat mobil bisa selip atau tergelincir.

Baca juga: Lamborghini Murcielago SV Gunakan Pelek BMW, Kok Bisa?

Baca juga: Biaya Perawatan dan Perbaikan Mobil Listrik Lebih Hemat 50%

Situasi ini biasanya mesti diwaspadai bila cuaca terus-menerus muram dan hujan turun tiada henti. Untuk itu, hati-hati saat beberapa menit awal hujan mulai turun.

Sepuluh menit pertama merupakan saat yang paling berbahaya. Ini karena saat hujan turun, air akan bercampur dengan kotoran, minyak dan partikel di jalan, menimbulkan lapisan yang amat licin. Demikian dilansir dari Wikihow.

Saat awal hujan turun, kemudikan mobil dengan perlahan dan waspada terhadap mobil lain yang tergelincir.

Hujan deras setelah beberapa waktu akan membersihkan jalanan sehingga kondisi menjadi lebih aman saat itu.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini