Musim Hujan, Jaga Shockbreaker Mobil Jangan Sampai Rusak

INews.id, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 52 2296971 musim-hujan-jaga-shockbreaker-mobil-jangan-sampai-rusak-HnoS6a4NDa.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Shockbreaker merupakan salah satu bagian mobil yang sangat vital. Komponen ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan jika berfungsi dengan baik.

Masalahnya, pada musim hujan, shockbreaker menjadi rawan mengalami kerusakan. Air hujan yang berasal dari cipratan jalan dan menempel pada shockbreaker bisa menumpuk menjadi kotoran.

"Air di jalan bekas hujan akan melekat pada shockbreaker saat mobil dikendarai. Ayunan shockbreker sepanjang mobil dipakai, membuat kotoran lama-lama menumpuk di celah sil karet," ujar kepala mekanik bengkel kaki-kaki Per Jaya Motor, Zulfikar Arif dilansir dari iNews.id.

Baca juga: Foxconn Buat Produk Platform Mobil Listrik

Baca juga: Jerod Shelby Ingin Buat Mobil Paling Kencang di Dunia

Dia menambahkan, selain membuat sil karet cepat getas, air yang bercampur kotoran pada shockbreaker lama kelamaan bisa membuat material logam cepat berkarat.

"Campuran air dan kotoran juga bikin cepat karat di material logam dan karet boot cepat getas," katanya.

Arif pun menyarankan, setelah mobil selesai dikendarai sebaiknya segera dibilas air bersih, atau bila perlu dicuci bersih.

"Pastikan mobil selalu bersih tidak hanya di bagian bodi, tetapi juga kaki-kaki mobil agar komponen kendaraan awet dan terbebas dari kotoran," katanya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini