Bus Sekolah Ini bak Monster yang Siap Perang

Sindonews, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 52 2298293 bus-sekolah-ini-bak-monster-yang-siap-perang-9882Bgvppy.jpg (Foto: Autoblog)

JAKARTA - Unik, produsen otomotif ini membuat sebuah bus sekolah yang tidak biasa. Bus yang berfungsi untuk mengantar jemput anak sekolah ini bak monster siap perang dan berpetualang

Torsus yang merupakan perusahaan otomotif asal Republik Ceko mengejutkan banyak orang karena membuat bus sekolah Praetorian yang sangar sehingga terlihat siap perang dan bisa diajak jalan-jalan ke medan berat.

Basis pengembangan bus sekolah diambil dari basis bus Torsus Praetorian yang pernah diluncurkan Juni lalu. Waktu itu Torsus memang bikin geger karena membuat bus dengan konsep off-road. Dalam peluncurannya Torsus menyediakan bus Praetorian dengan berbagai kebutuhan mulai bus karyawan, bus umum, bus perusahaan tambang dan bus anggota militer.

Saat itu Torsus memang seakan lupa membuat bus sekolah. Jadi baru kali inilah bus sekolah monster itu dibuat juga. Lalu apa bedanya dengan bus-bus Praetorian yang lainnya. Tentu saja yang paling mudah terlihat adalah warnanya. Bus sekolah monster dari Torsus itu menggunakan warna khas bus sekolah yang paling dikenal di dunia yakni warna kuning. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Ini Cukup Isi Baterai Seminggu Sekali

Baca juga: Cuma Sentuh Handphone, Pengemudi di Inggris Langsung Didenda Rp3,8 Juta

Selain itu bus ini juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan khusus seperti rambu-rambu yang bisa menunjukkan tanda ada anak-anak sekolah yang hendak naik atau turun dari bus. Rambu-rambu itu dibuat untuk memperingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

Berbicara soal naik dan turun anak-anak sekolah, bus sekolah Praetorian memiliki ground clearance yang sangat tinggi. Tentu saja hal itu akan sangat merepotkan buat anak-anak sekolah yang masih kecil. Agar lebih mudah naik dan turun, di bus ini Torsus membuat sebuah tangga otomatis agar anak-anak sekolah lebih mudah naik dan turun dari bus.

Tampilan yang lebih beda lagi adalah penggunaan lampu LED. Kini Torsus menyediakan boks lampu LED berukuran besar di atap mobil. Torsus mengatakan penyediaan lampu itu memang dibuat agar bus sekolah itu bisa digunakan untuk kegiatan di alam bebas. Jadinya bus sekolah itu bisa mengajak anak-anak sekolah datang ke tempat-tempat yang kuat dengan nuansa alam bebas.

Terakhir yang paling beda adalah kursinya. Meski menggunakan kursi yang sama, Torsus justru membuat cover kursi bus sekolah dengan corak khusus yakni rumus-rumus matematika. Sayangnya warna kursi bus ini terlalu gelap tidak terang mengikuti warna eksterior bus.

Selebihnya bus sekolah monster buatan Torsus itu memiliki spesifikasi yang sama dengan bus Praetorian lainnya. Secara dimensi bus ini tetap memiliki wheelbase 4200 mm dengan ground clearance 389 mm yang memungkinkan mereka melewati air setinggi 27,5 inci (700mm) dan melewati kerikil, batu, dan lumpur.

Untuk menjelajah jarak jauh dan medan yang berat, tangki bahan bakar bus ini memiliki kapasitas 300 liter, dan memiliki sistem rem elektronik. Guna mendukung di medan off road, sektor kaki-kakinya dipasang dengan axle roda model parabolic leaf spring dan sistem penggerak roda 4x4.

Bus ini mampu membawa maksimal 35 penumpang. Di sisi hiburan, penumpang bisa menikmati DVD, dan melihat dari display yang terpasang di kabin depan. Sementara sopir dimanjakan dengan jok pneumatik dan setir ringan yang sudah power steering. Fitur standar lainnya termasuk AC sentral, pintu dan tangga otomatis, dan sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang.

Dari sektor dapur pacunya, perusahaan bus yang bermarkas di Republik Ceko ini mencangkok mesin diesel kode MAN D0836 LFL40 6.900cc 6 silinder yang bisa memuntahkan tenaga 240 dk dengan torsi 925 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gear box semi otomatis MAN/ZF tip-matic.

Untuk harga kemungkinan besar bus sekolah monster ini akan memiliki harga yang sama dengan bus Torsus Praetorian lainnya. Diketahui untuk harga awal bus Torsus Praetorian model dasar dijual di harga USD154.000 atau Rp2,1 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini