Operasi Zebra, Pengendara Wajib Bawa Ini Agar Tidak Ditilang

INews.id, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 53 2299597 operasi-zebra-pengendara-wajib-bawa-ini-agar-tidak-ditilang-KGaTGN1sHL.jpg (Foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Mulai hari ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai memberlakukan operasi zebra. Pengemudi yang tidak menaati peraturan berkendara bakal ditindak.

Untuk itu, para pengendara khususnya roda dua harus melengkapi persyaratan atau perlengkapan berkendara.

"Tak harus saat operasi zebra saja sebenarnya. Pengendara motor sudah harus wajib menggunakan peralatan berkendara secara lengkap," ujar pengamat otomotif dan instruktur keselamatan berkendaraan, Jusri Pulubuhu dilansir dari iNews.id, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Khabib Bisa Beli 11 Mobil Termewah Rusia Usai Kalahkan Gaethje

Baca juga: Tesla Recall Hampir 50.000 Mobil Model S dan X di China

Menurut dia, perlengkapan berkendara yang wajib dibawa atau dipakai, antara lain (Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), helm dan masker.

"STNK, SIM dan helm wajib dibawa dan dipakai saat mengendarai motor. Sementara masker karena kita masih dalam kondisi pandemi. Peralatan lainnya adalah jaket, sarung tangan dan sepatu lebih baik dipakai," ujarnya.

Dirinnya juga mengingatkan agar pajak kendaraan bermotor selalu diperhatikan. Jangan sampai pajak belum dibayarkan atau pelat nomor sudah mati.

"Kalau pelat nomor sudah mati tahunnya, jangan dipakai lagi. Bisa-bisa dianggap polisi sebagai motor bodong atau curian," tutup dia. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini