Donald Trump Kalah dalam Hal Selera Mobil dari Presiden Amerika ke-36

Sindonews, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 52 2303153 donald-trump-kalah-dalam-hal-selera-mobil-dari-presiden-amerika-ke-36-tmt1YiiaB1.jpg (Foto: Business Insider)

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan segera menggelar pemilihan presiden. Presiden AS Donald Trump dikenal memiliki koleksi mobil super mewah seperti McLaren hingga Rolls-Royce. Begitu juga dengan kandidat Presiden Joe Biden yang memiliki mobil sport klasik seperti Chevrole Corvette Stingray tahun 1960.

Begitu juga dengan Presiden-presiden Amerika Serikat lainnya seperti Bill Clinton, Barack Obama dan George W Bush yang umumnya lebih banyak tertarik dengan mobil mewah atau klasik. Namun hanya satu Presiden Amerika Serikat yang punya selera unik dalam memilih mobil.

Presiden Amerika Serikat ke-36, Lyndon B Johnson adalah satu-satunya presiden yang memiliki mobil amfibi. Ya, mobil amfibi yang berfungsi di jalan juga di air. LBJ panggilan akrabnya membeli mobil itu saat pertama kali dia menjabat sebagai presiden tahun 1963. Waktu itu dia tertarik dengan mobil amfibi bernama Amphicar yang dibuat oleh perusahaan mobil asal Jerman, Quandt Group. Pertemuan pertaman LBJ denga mobil itu bermula saat Amphicar dibawa Quandt Group ke ajang New York Auto Show tahun 1961.

Baca juga: Konvoi Moge, Pengendara Lain Tidak Wajib Menghindar

Baca juga: 14 Juta Mobil Bekas Diekspor ke Negara Berkembang, Dinilai Transfer Polusi

Saat itu LBJ benar-benar penasaran ingin memiliki mobil itu. Pasalnya Amphicar memiliki tampilan mobil yang keren untuk sebuah mobil amfibi. Sebelumnya Volkswagen memang memiliki mobil yang bisa berenang juga yakni Volkswagen Schwimmwagen. Hanya saja mobil itu jauh dari kata mewah. Alih-alih mirip kendaraan militer dan memang hanya pihak militer yang tertarik menggunakannya. Sedangkan Amphicar justru tampil seperti sebuah sedan convertible mewah. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Cara pengoperasian mobil itu pun tidak sulit. Pemilik mobil tinggal mengarahkannya ke sungai atau danau yang mereka tuju dan kemudian mengoperasikan dua baling-baling yang dimiliki Amphicar. Untuk maju mundur, pemilik mobil tinggal memainkan tuas transmisi sementara ke empat ban berfungsi sebagai penyeimbang dan penentu arah laju mobil amfibi. Untuk mesin mobil ini menggunakan mesin 1.147 cc milik TriumpH Herald yang sudah dimodifikasi. Tenaga maksimalnya mencapai 43 daya kuda.

Nah karena tampilannya yang mirip mobil mewah. LBJ kerap melakukan "prank" kepada tamu-tamunya yang datang berkunjung ke ranch miliknya. Setiap kali ada tamu dia selalu mengajak tamu itu mencoba langsung Amphicar. Dia sama sekali tidak memberitahu kalau mobil itu bisa berenang di air.

Alhasil banyak tamunya yang panik karena mobil terkesan hendak nyemplung ke danau yang ada di ranch milik LBJ. Salah satu korban "prank" adalah Sekretaris Kesehatan, Edukasi dan Kesejahteraan Amerika Serikat, Joseph A Califano.

"Saat berada di tepi danau, mobil tiba-tiba mengarah masuk ke danau dan presiden berteriak-teriak kalau remnya tidka berfungsi. Saat mobil seakan hendak tenggelam saya sudah siap-siap melompat keluar mobil. Tapi tiba-tiba mobil berjalan dan tidak tenggelam. Saat itu presiden meledek saya karena tidak berusaha menyelamatkan dirinya," kenang Josep A Califano.

Amphicar memang unik sampai-sampai LBJ mau memilikinya. Sayangnya Quandt Group tidak berhasil mempopulerkan mobil itu. Tercatat hanya ada 3.000-an unit Amphicar yang mereka produksi dan berhenti di 1963. Padahal mobil amfibi ini pernah mencetak banyak rekor fantastis yakni satu-satunya mobil yang pernah menyusuri sungai Yukon di Alaska. Selain itu pernah melintasi selat English Channel di tahun 1965. (Wahyu Sibarani) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini