Mobil Ini Terbuat dari Es, Cuma Tahan 40 Jam

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 52 2303889 mobil-ini-terbuat-dari-es-cuma-tahan-40-jam-43Uwft49jt.jpg (Foto: Autoevolution)

OTTAWA - Mobil biasanya terbuat dari bahan yang kuat seperti besi. Tetapi, ternyata ada yang membuat mobil dari es yang umumnya tidak bertahan lama.

Dilansir dari Autoevolution, Rabu (4/11/2020), salah satu perusahaan ban asal Kanada, Canadian Tire, mencoba merealisasikan mobil yang terbuat dari es. Tentu, hanya bagian bodinya saja.

Perusahaan menggunakan basic truk pikap Chevrolet Colorado yang sudah dipreteli sejumlah komponennya. Proses dimulai dari rangka baru, menurunkan dudukan mesin, dan menambahkan kipas agar es tetap beku.

Baca juga: Mercedes-Benz Barter Teknologi dengan Saham Aston Martin

Baca juga: Mobil Sport Ini Digunakan Angkut Bahan Bangunan

Kemudian mobil dikirim ke Iceculture untuk membuat body dari es. Masalah yang muncul adalah ketika body es tidak pecah saat mobil bermanuver dan beku lebih lama. Es yang dibuat harus transparan untuk menjaga visibilitas pengemudi dan penumpang.

Setelah bodi es jadi, mobil ini diuji dengan melakukan perjalanan sejauh 1,6 km dengan rata-rata kecepatan 20 km/jam. Sayangnya, usia mobil es ini tak lebih dari 40 jam karena es berubah menjadi air.


Bobot total Chevrolet es ini sebesar 6,8 ton yang mana sumbangsih terbanyak dari berat es yang mencapai 4,6 ton.

Selain bodi, tempat duduk, dasbor, kaca spion dan plat nomor juga terbuat dari es. Sementara sabuk pengaman, roda kemudi, dan tuas perseneling masih memakai bahan bawaan.

Canadian Tire membuat mobil es ini pada 2013 lalu. Tujuannya, ingin membuktikan jika komponen mobil buatan mereka seperti ban dan baterai dapat bertahan di cuaca ekstrim di Kanada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini