Keren, Ini Mobil Es Krim Tercepat di Dunia

Sindonews, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 52 2304516 keren-ini-mobil-es-krim-tercepat-di-dunia-W399Wotzs3.jpg (Foto: BBC)

LONDON - Mobil es krim ini bukan mobil biasa. Mobil ini dicatat Guinness World Record sebagai mobil es krim paling cepat di dunia. Mobil es krim itu berhasil mencetak top speed 128,8 kilometer per jam.

Menariknya, catatan itu justru mematahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh Edd China. Pada Maret lalu Edd China membuat sebuahmobil es krim yang dinamakan Edd's Electric Ice. Mobil es krim listrik itu berhasil mencapai top speed 119 kilometer per jam.

Upaya pencatatan rekor itu sebenarnya merupakan salah satu bagian dari acara televisi otomotif Inggris, Top Gear, yang ditayangkan BBC. Saat itu salah satu pembawa acara Top Gear, Paddy McGuinnes memiliki ide untuk membuat rekor mobil terkencang di dunia. Hanya saja mobilnya bukanlah mobil sport atau mobil super melainkan mobil es krim yang sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga: Jika Joe Biden Menang Pilpres AS, Bakal Tinggalkan Cadillac One demi Mobil Listrik?

Baca juga: Mobil Ini Terbuat dari Es, Cuma Tahan 40 Jam

Dalam keterangan resminya, Guinness World Record mengatakan Mr Nippy adalah mobil listrik yang dikembangkan dari badan mobil lama, Bedford CF tahun 1979. Sementara sasis yang digunakan adalah sasis Land Rover 110 Series. Untuk menggerakkan mobil itu Paddy McGuinnes menggunakan baterai buatan Tesla dan Mercedes-Benz. Sementara untuk transmisi dipilih transmisi buatan Tesla. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Guinness World Record juga mengisyaratkan, agar mobil bisa tercatat, bentuk mobil harus benar-benar seperti mobil es krim. Intinya bisa digunakan untuk berjualan dan tidak mendapatkan modifikasi khusus agar bisa mencapai kecepatan tertinggi.

Di dalam mobil juga harus tersedia peralatan berjualan dan kulkas besar yang biasa ditemukan di mobil-mobil es krim. Untuk pengukuran kecepatan, Guinness World Record menggunakan speed trap dan lampu pengukur elektrik yang ditempatkan di setiap jarak 100 meter.

Mr Nippy juga harus melakukan pencatatan kecepatan dua kali dalam satu jam dengan arah berlawanan ketika mobil memulai bergerak.

"Sejak bergabung dengan Top Gear saya sudah bermimpi untuk membuat rekor dunia di Guinness World Record. Mobil ini tidak hanya membuat anak-anak riang karena es krim,tapi juga orang dewasa karena kecepatannya," ucap Paddy McGuinnes. (Wahyu Sibarani) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini