Bus Khusus Presiden AS yang Diabaikan Trump

Sindonews, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 52 2304600 bus-khusus-presiden-as-yang-diabaikan-trump-tvmGDR1G7F.jpg (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) memiliki mobil kepresidenan Cadillac One. Selain itu, Secret Service alias tim pengamanan presiden menyiapkan kendaraan lainnya untuk beroperasi di darat yakni bus Ground Force One.

Memang dibandingkan Cadillac One, kiprah Ground Force One tidak terlalu kentara dan masih memiliki cerita yang tidak terlalu panjang. Sebelum membuat bus Ground Force One, Secret Service biasanya menyewa bus yang kemudian mereka modifikasi untuk kepentingan kenegaraan. Bus itu biasanya diikutsertakan dalam rombongan presiden yang tengah melakukan kunjungan lewat jalan darat. Hanya saja setelah selesai otomatis bus dibalikan dan dikembalikan ke seperti kondisi semula saat disewa.

Karena dianggap terlalu boros, Secret Service akhirnya pada 2011 memutuskan untuk membeli bus itu dari perusahaan bus asal Kanada, Prevost. Saat itu mereka membeli bus yang paling besar yakni H3-V45 VIP.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan paket lengkap Ground Force One kala itu terbilang sangat fantastis mencapai USD1,1 juta per unit atau setara Rp15 miliar. Secret Service membeli dua unit di mana satunya lagi dibuat sebagai kendaraan cadangan. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Untuk karoserinya, Secret Service meminta bantuan perusahaan Hemphill Brothers Coach, perusahaan lokal berbasis di Nashville, Tennessee yang biasa menggarap touring bus berkelengkapan mewah untuk para selebriti maupun grup band terkenal seperti Beyonce, Jennifer Lopez, Lady Gaga, dan Aerosmith.

Baca juga: Jika Joe Biden Menang Pilpres AS, Bakal Tinggalkan Cadillac One demi Mobil Listrik?

Baca juga: Donald Trump Kalah dalam Hal Selera Mobil dari Presiden Amerika ke-36

Disebutkan Business Insider, Ground Force One tidak ubahnya seperti Cadillac One yang menjelma menjadi bus. Seluruh sistem pertahanan yang ada di Cadillac One dapat ditemukan di Ground Force One mulai dari kaca antipeluru, bus yang antisenjata mesin, rudal dan granat, pelontar gas air mata serta pelindung dari serangan senjata kimia.

Berbeda dengan Cadillac One yang tabirnya akhirnya diungkap untuk umum, Secret Service masih menutup rapat tirai penyelubung kerahasian mengenai lay-out dan isi interior bis ini serta tak ada bocoran yang keluar dari mulut staf presiden yang pernah menaikinya.

Diperkirakan, selain tersedia tempat duduk yang nyaman juga tersedia ruang tidur untuk istirahat presiden, toilet khusus, serta tempat duduk untuk para pengawal dan staf presiden. Yang pasti bus ini dilengkapi juga dengan peralatan kerja kantor termasuk perangkat komunikasi canggih terkini serta fasilitas TV dan internet.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini