Ingin Rebut Pasar Pajero Sport dan Fortuner, Nissan Luncurkan X-Terra

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 52 2316427 ingin-rebut-pasar-pajero-sport-dan-fortuner-nissan-luncurkan-x-terra-d56R56MHXc.jpg Nissan X-Terra (Foto:Nissan)

JAKARTA - Nissan resmi meluncurka Nissan X-Terra, mobil ini menggunakan nama X-Terra yang diproduksi sebelumnya dan melegenda.

Nissan X-Terra sebuah penyegaran dari Nissan Terra yang telah dipasarkan di Indonesia dan negara-negara tetangga lainnya. Beberapa penyegaran yang diberikan pada Nissan X-Terra memang tidak terlihat begitu dominan.

Baca Juga: Nissan Disebut Bakal Jual 34% Sahamnya di Mitsubishi Motors

Hanya saja jika diteliti, tampak muka dan tampak belakang Nissan X-Terra sedikit berbeda dengan Nissan Terra. Pertama adalah grille yang kini hadir lebih kokoh dengan desain V-Motion yang lebih berotot. Grille ini sangat mirip dengan grille SUV Nissan lainnya yakni Nissan Patrol baru.

Baca Juga: Dibuat dengan Tangan, Mobil Antik Ini Dibanderol Rp1 Miliar


Desain lampu utama juga dibuat lebih tipis dan tajam dibanding Nissan Terra yang begitu besar. Hanya saja DRL LED masih tetap terlihat sama dengan Nissan Terra yang mengikuti lampu utama mobil.

Bagian yang terlihat begitu berubah adalah rumah lampu kabut yang kini berbentuk vertikal. Desain ini berusaha menyesuaikan dengan grille baru yang sangat kokoh.

Bagian samping justru tidak banyak berubah. Nissan X-Terra hampir sebelas dua belas dengan Nissan Terra jika dilihat dari samping. Nissan menyediakan velg berukuran 17 inci buat Nissan X-Terra dan opsi velg 18 inci bagi yang ingin tampil lebih gagah.

Beranjak ke belakang, perubahan begitu jelas terlihat dimana bagian lampu belakang utama kini menjulur hingga ke pilar D Nissan X-Terra. Desainnya mengikuti lampu utama depan yang tipis dan tajam. Elemen LED, dengan dua garis, di lampu belakang membuat bagian buritan jadi lebih futuristis.

Krom garnis kini hadir dengan desain baru yang lebih seperti setengah lingkaran. Krom itu jadi seperti rumah bagi logo Nissan dan diffuser yang bernada senada.

Baca Juga: Kyoko Shimada, Desainer Mobil Perempuan Pertama di Jepang


Di bagian interior, Nissan kini mengubah desain dashboard jadi lebih keren. Agar menunjang penampilan keren itu Nissan mengganti head unit yang ada di Nissan Tera, dengan head unit 9 inci layar sentuh di Nissan X-Terra. Head unit baru itu sudah mengaplikasikan teknolgi Android Auto dan Apple CarPlay.

Palang kemudi juga hadir dengan desain yang baru dengan dimensi yang lebih tebal. Terkesan kalau Nissan memang ingin membuat pengemudi merasa kokoh dalam mengendalikan SUV dengan kursi tujuh penumpang itu.

Selain itu Nissan masih tetap setia dengan desain interior yang ada di Nissan Terra. Mulai dari konfigurasi kursi hingga layar 11 inci yang dipasang di baris kedua penumpang.

MemangNissan X-Terra terkesan sangat mirip dengan Nissan Terra. Fitur-fitur canggihnya juga sama seperti kamera 360, lane departure warning, hingga kaca spion yang menggunakan kamera luar.

Begitu juga dengan mesin yang tetap menggunakan mesin Common Rail Diesel 2.4 Liter yang menghasilkan tenaga 190 PS dan torsi maksimal 450 Nm. Nah yang menjadi clue adalah Nissan meluncurkan Nissan X-Terra untuk kawasan Timur Tengah.

Baca Juga: Penjualan Mobil Jepang Turun 38% pada Mei 2020

Di kawasan ini Nissan memang belum memasarkan Nissan Terra seperti di Indonesia. Nah bisa jadi, Nissan X-Terra hanya model khusus yang hanya dipasarkan di kawasan tersebut. Begitu juga namanya, Nissan X-Terra hanya untuk kawasan tersebut.

Kemungkinan untuk negara lainnya, Nissan tetap menggunaan nama lama, Nissan Terra dan dengan penyegaran dari Nissan X-Terra. Tentu penyegaran ini akan membuat Nissan Terra percaya diri dalam bersaingd dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini