Agar Konsumen Tak Tertipu Mobil Layak Dibeli atau Dijual, Simak 3 Faktor Penting Ini!

Sazili Mustofa, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 52 2317146 agar-konsumen-tak-tertipu-mobil-layak-dibeli-atau-dijual-simak-3-faktor-penting-ini-hi09w7DYdq.jpg Sebelum menjual atau membeli mobil, pelajari 3 faktor penting (Foto:Carsome)

JAKARTA - Sebelum membeli kendaran bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Itu penting, menyangkut keamanan dan keabsahan kendaraan. General Manager Carsome Indonesia, Delly Nugraha mengatakan, ada tiga faktor yang harus diperhatikan apakah mobil layak dijual atau dibeli.

Pertama, apakah mobil bekas banjir. Jika bekas banjir biasanya showroom menolak mobil tersebut. Ini karena konsumen tidak mau mobil bekas banjir.

"Kalaupun dibeli konsumen akan banyak perbaikan. Konsumen tidak tahu sampai sejauh mana kerusakan yang terjadi," ujar Delly dalam video conference, baru-baru ini.

Baca Juga: 14 Juta Mobil Bekas Diekspor ke Negara Berkembang, Dinilai Transfer Polusi

Kedua, kelengkapan dokumen, apakah BPKB dan STNK-nya ada. Jika ada masih berlaku atau tidak. "Jangan sampai masa berlaku STNK habis, sehingga harus diurus lagi, ini memerlukan biaya. Bahayanya lagi jangan sampai dokumen dibekukan," katanya.

Baca Juga: Pedagang Mobil Bekas Diskon Harga Sampai Rp20 Juta, Ini Penyebabnya

Ketiga, lanjut Delly, keabasahan surat-surat kendaraan. Ini penting jangan sampai konsumen tertipu ternyata surat-surat kendaraan palsu.

"Di Carsome kami bekerja sama dengan kepolisian untuk memeriksa keabsahan dokumen kendaraan. Dalam salah satu kasus pernah ada kendaraan dibeli dari luar negeri ternyata surat-suratnya palsu. Kami menolaknya," tukasnya.

(amr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini