Gambar Doodle Muncul di Mesin Pencari Google, Begini Awal Mula Ide!

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 15 2319620 gambar-doodle-muncul-di-mesin-pencari-google-begini-awal-mula-ide-7FlRrXXioG.jpg Google (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Gambar doodle kerap muncul di tampilan awal mesin pencari Google pada saat tertentu. Biasanya, gambar-gambar unik ini menghiasi tulisan logo Google pada hari-hari besar atau tanggal bersejarah dunia.

Gambar orat-oret berfungsi seperti kalender informal bagi pengguna internet di seluruh dunia. Tidak hanya pada peristiwa bersejarah, gambar doodle Google juga muncul untuk memperingati hari ulang tahun terkenal, penemuan inovatif, dan beberapa hal lain yang dianggap layak menggantikan logo mesin pencari.

Namun, tahukah Anda sejak kapan ide gambar doodle pada Google ini muncul? Menurut sejarahnya, dilansir dari Mental Floss pada Selasa (1/12/2020), orat-oret Google awalnya tidak ditujukan untuk memperingati atau merayakan apa pun.

Baca Juga: Update Google Message Hadirkan End-to-End Encryption

Pada tahun 1998, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin sedang menuju ke perayaan festival Burning Man. Lary dan Sergey kemudian ingin memberitahu bahwa keberadaan mereka kepada pengguna situs.

Baca Juga: Google Assistant Hadirkan Fitur Anak Lacak Posisi Orangtuanya

Mereka membuat ulang logo perusahaan, dan memasukkan figur tongkat yang terinspirasid dari Burning Man di belakang huruf “O” kedua dari tulisan Google. Mereka kemudian mempublikasikannya pada 30 Agustus.

Setelah dua tahun berselang, pendiri Google meminta karyawan magang bernama Dennis Hwang untuk membuat orat-oret peringatan hari Bastille. Sejak saat itu, seni gambar doodle terus berkembang dan menghiasi tampilan awal mesin pencari Google.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini