Begini Tips Keselamatan Berkendara saat Musim Hujan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 15 2321471 begini-tips-keselamatan-berkendara-saat-musim-hujan-WseJTd1ynb.jpg Berkendara saat musim hujan. (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Indonesia saat ini sedang memasuki musim hujan. Bahaya dan risiko kecelakaan meningkat setiap kali hujan turun. Hujan yang begitu lebat dapat membatasi jarak pandang dan membuat jalanan menjadi licin.

Saat curah hujan meningkat, beberapa orang memilih untuk mengurangi kecepatan kendaraannya. Hal ini memang menjadi salah satu cara mengemudi yang aman.

Namun, ada beberapa pertimbangan lain yang perlu diperhatikan saat kondisi hujan. Dilansir dari Geico, Jumat (4/12/2020), berikut tips keselamatan berkendara:

1. Pastikan Bobil dalam Kondisi Baik dan Bersih

Seperti diketahui, hujan lebat dapat membuat jarak pandang pengemudi terbatas. Terkadang kaca mobil yang kotor dapat memperburuk keadaan. Sekali sebulan, bersihkan kaca depan dan jendela mobil. Periksa keausan wiper kaca dan cairan pencuci. Selain itu, pastikan lampu depan, belakang, dan sein berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Siasat Menjaga Konsentrasi Berkendara Selama Musim Liburan Nataru

2. Kenali Jalan

Beberapa jalanan mungkin dibangun dengan aspal yang tidak rata. Lubang-lubang di jalan juga bisa menampung yang membuatnya tidak terlihat. Ada baiknya pertimbangkan untuk menggunakan rute yang biasa Anda lewati.

Baca Juga: Mengenal Kadar Kegelapan Kaca Film yang Aman, Saat Berkendara Melewati Kabut Asap

3. Nyalakan Lampu Utama

Lampu utama dinyalakan agar pengguna jalan lain dapat melihat keempat sisi mobil. Hal ini akan mengurangi potensi terjadinya tabrakan.

4. Kurangi Kecepatan

Berikan jarak setidaknya 5 detik dari kendaraan di depan Anda. Jangan terlalu gegabah untuk mengemudi di atas batas kecepatan.

5. Hindari Genangan Air

Sebisa mungkin coba untuk menghindari genangan air. Terkadang jalan yang tertutup air menyisakan lubang yang dalam. Selain itu, jika memaksa melewati genangan air dapat berpotensi kehilangan kendali.

Baca Juga: Libas Banjir Bikin Rem Mobil Bermasalah

6. Tetap Berada pada Jalur Kendaraan

Hydroplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) ketika melintasi genangan air dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat membuat mobil slip beberapa saat. Jika kondisi ini terjadi, usahakan untuk tetap mengarahkan mobil pada jalur yang sesuai.

 7. Tunda Perjalanan Jika Tidak Terlalu Mendesak

 Cuaca ekstrem seperti hujan lebat dapat berpotensi membahayakan nyawa. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya tunda perjalanan hingga hujan mulai mereda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini