Kurangi Emisi Karbon, Jepang Larang Mobil Konvensional pada 2030

Sazili Mustofa, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 52 2321611 kurangi-emisi-karbon-jepang-larang-mobil-konvensional-pada-2030-6YMqZggyJ4.jpg Mobil konvensional (Foto:Dok Okezone)

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berkomitmen mengurangi jumlah emisi karbon hingga nol pada 2050. Untuk itu, pemerintah Jepang akan melarang mobil berbahan bakar internal atau konvensional pada tahun 2030.

Dilansir stasiun berita NHK, rencana ini membuat Jepang menjadi negara kedua di kelompok G7 yang telah mengumumkan waktu akhir pada mobil-mobil konvensional.

Juru Bicara Pemerintah Jepang, Katsunobu Kato mengatakan, saat ini Kementerian Perindustrian Jepang akan segera membuat peta jalan pada akhir tahun ini untuk merealisasi keinginan tersebut.

Baca Juga: Pabrik Volkswagen Setop Penggunaan Pembangkit Bertenaga Batu Bara

Kementerian Perindustrian Jepang berharap dengan rencana tersebut, ke depannya seluruh mobil baru yang akan dipasarkan di negeri matahari tersebut merupakan mobil listrik atau hybrid.

Baca Juga: Persiapan Jadi Negara Maju, RI Harus Jaga Ekonomi dan Lingkungan Hidup

Keputusan ini, mengejutkan bagi pabrikan mobil yang ada di Jepang. Meski saat ini banyak dari mereka yang sudah memiliki mobil listrik, namun produksi mobil konvensional mereka masih sangat tinggi.

Sayangnya hingga kini keputusan tersebut belum ditanggapi oleh empat besar produsen mobil di Jepang, Toyota, Honda, Nissan dan Mitsubishi.

Hanya saja Chief Operating Officer (COO) Nissan Motor Corp Ashwani Gupta, sebelumnya pernah menanggapi keputusan pelarangan mobil konvensional yang dilakukan oleh Inggris pada 2030. Dia mengtakan Nissan sudah sangat siap merespons keputusan tersebut karena memang akan menjadi tren global.

Nissan sendiri sudah sangat paham menjual mobil listrik karena Nissan Leaf hingga kini merupakan mobil listrik paling banyak populasinya di dunia. Beberapa waktu lalu mereka juga sudah menjual mobil listrik terbaru mereka di Eropa, Nissan Ariya.

Selain Jepang, Inggris, Norwegia, Jerman dan sebagian kota-kota besar di Amerika Serikat lebih dulu melarang mobil konvensional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini