India Dipilih Jadi Pusat Produksi Suzuki Jimny

INews.id, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 15 2331393 india-dipilih-jadi-pusat-produksi-suzuki-jimny-Is6ujMJZYY.png Suzuki Jimny. (Foto dok. Okezone)

GURUGRAM - Maruti Suzuki akan memproduksi Jimny secara lokal di pabrik Gurugram, India. Suzuki memilih India sebagai pusat produksi Suzuki Jimny, mengingat negara tersebut merupakan pangsa pasar terbesar brand berlogo S itu di dunia.

Dilansir dari Indianautosblog, Senin (21/12/2020), saat ini Suzuki Jimny di India masih dirakit secara CKD dengan komponen diimpor dari Jepang. Suzuki Jimny versi India dibekali dengan konstruksi body-on-frame yang mirip dengan Gypsi dan Mahindra Thar.

(Baca juga: Konsumen Rela Antri 2 Tahun, Pria Ini Justru Dapatkan Suzuki Jimny Gratis)

Sementara performanya menggendong mesin yang sama dengan Vitara Brezza dan Ciaz yakni K15B. Namun, mesin 1.500 cc yang diadopsi Jimny menghadirkan tenaga sebesar 105 hp berpenggerak 4x4. Produksi Jimny tiga pintu secara lokal menjadi fokus Maruti Suzuki untuk pasar ekspor. Selanjutnya baru membuat Jimny versi lima pintu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Jika rencana ini berhasil dijalankan, mobil offroad tersebut akan menjadi penantang utama model lokal seperti Mahindra Thar. Di sisi lain, penggemar Suzuki Jimny di Indonesia masih antre. Di mana jatah Indonesia 50 unit per bulan yang diimpor utuh (CBU) dari Jepang.

(Baca juga: Intip Suzuki Jimny yang Jadi Mobil Patroli Polisi)

Suzuki Indonesia berharap mobil legedaris ini dapat diproduksi di Tanah Air mengingat permintaan cukup banyak. Apalagi Indonesia masuk dalam tiga pilar Suzuki sebagai mother plan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini