Mengulik Toyota Land Cruiser Jokowi yang Mampu Terobos Banjir di Kalsel

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 52 2346868 mengulik-toyota-land-cruiser-jokowi-yang-mampu-terobos-banjir-di-kalsel-jAcVtGK2r0.jpg Mobil Presiden Jokowi saat menerobos banjir di Kalsel (foto: Antara)

JAKARTA - Mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat menerobos banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan. Dari foto yang beredar, batas air yang dilewati mobil tersebut cukup tinggi, mencapai bagian grill.

Diketahui, Presiden Jokowi menggunakan sebuah SUV mewah Toyota Land Cruiser lengkap dengan bendera merah putih di depannya bersama dengan rombongan lain yang juga mengendarai SUV.

Baca Juga: Cara Menjaga Agar Rem Mobil Tak Cepat Blong 

Dilihat dari laman resmi Toyota Astra Motor, Selasa (19/1/2021), Toyota Land Cruiser diklaim sangat cocok dipakai di segala kondisi jalan termasuk banjir. Bahkan, untuk jalanan rusak pun, cukup aman dan nyaman digunakan.

Baca Juga: Rombongan Jokowi Terobos Genangan Tinggi Banjir di Kalsel, Ini Kata Istana 

Soal jantung mekanis, Toyota Land Cruiser dibekali dengan mesin diesel V8 berkapasitas 4.461 cc bertenaga 235 hp dan torsi 628 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis triptonic 6-percepatan.

Mobil Land Cruser Jokowi

Kendati demikian, tidak semua mobil bisa melewati jalanan banjir. Upaya paling tepat adalah jangan memaksakan diri untuk menerobos banjir atau mencari jalan alternatif yang lebih aman.

"Yang terpenting adalah tetap tenang dan fokus saat mengemudi di tengah jalan yang banjir, jangan paksakan lewat bila dirasa tidak memungkinkan karena ada risiko water hammer atau mesin mobil kemasukan air," ujar Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya.

Jika terpaksa harus melewati banjir, setidaknya harus memperhatikan tinggi genangan air, pilih jalur yang tepat, jaga jarak aman dengan kendaraan lain, hindari arus air banjir dan menjaga putaran mesin.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini