Mobil Bergetar saat Kecepatan Tinggi, Ini Penyebabnya

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 52 2355624 mobil-bergetar-saat-kecepatan-tinggi-ini-penyebabnya-hYXkYKQiwR.jpg Ilustrasi mengendarai mobil (foto: reuters)

JAKARTA - Pengendara mobil sering mengeluhkan terjadinya getaran atau bergoyang ketika berada di kecepatan tinggi. Apakah ini hal yang lumrah atau ada masalah pada mesin mobil tersebut, berbahayakah bagi si pengendara?

Pemilik bengkel ban mobil Depok Wheelbase, Soelistyo memberikan penjelasan terkait getaran mobil saat di kecepatan tinggi.

Baca Juga:  Viral! Iklan Toyota Yaris 'Joker' Sindir Pengendara di Indonesia Jadi Perbincangan Netizen

"Kalau mengalami getaran saat mengemudikan mobil di kecepatan tertinggi, itu lumrah terjadi. Tapi, bisa juga ada komponen yang tidak beres," kata pemilik bengkel ban mobil Depok Wheelbase, Soelistyo, saat dihubungi, Rabu (3/1/2021).

Menurut Soelistyo, getaran yang dirasakan biasanya terjadi pada banyak faktor. Kemungkinan besar karena adanya komponen kaki-kaki yang bermasalah.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil MPV di Indonesia per Februari 2021, Paling Murah Rp150 Jutaan 

"Paling mudah diprediksi adalah bagian ban yang jarang di balancing. Padahal, balancing ban wajib dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 20.000 km lebih," katanya.

Soelistyo menambahkan, saat balancing ban akan terdeteksi masalah apa saja yang terjadi pada mobil jika mengalami getaran. Jika mobil mengalami getaran saat berkendara, akan mengurangi kenyamananya.

"Biasanya saat balancing, akan terlihat masalahnya. Jika tidak ada masalah, dibalancing saja harusnya sudah tidak ada getaran. Tapi kalau ada masalah, lihat bagian ban, mungkin ada benjolan atau velg melengkung," ujarnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini