Pecah Rekor, Suzuki Hayabusa Hadir dengan Wajah Baru Selama 13 Tahun

Susi Susanti, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 53 2357495 pecah-rekor-suzuki-hayabusa-hadir-dengan-wajah-baru-selama-13-tahun-j2OnbaxOnP.jpg Suzuki All New Hayabusa 2021 (Foto: Antara)

JAKARTA - Suzuki Motor Corporation menghadirkan generasi terbaru hyperbike All New Hayabusa 2021 pada Jumat (5/2), yang akan dijual di seluruh dunia mulai akhir Februari ini.

Hayabusa 2021 yang berstatus "all new" atau serba baru merupakan model generasi ketiga. Motor itu akhirnya mendapatkan perubahan model secara penuh untuk pertama kalinya setelah 13 tahun.

Sebelumnya, generasi pertama Suzuki Hayabusa dirilis pada 1997, disusul generasi kedua pada 2007 yang modelnya dipertahankan selama 13 tahun hingga 2020.

seperti dilansir Antara, Suzuki dalam siaran pers, Sabtu (6/1), menyebutkan Hayabusa 2021 dibangun dengan konsep "Ultimate Sport" yang diwarisi Hayabusa generasi pertama. Namun motor pesaing Ducati Panigale V2 dan BMW R 1250 itu kini terlihat lebih bergaya dengan pengembangan di sektor desain dan aerodinamika.

(Baca juga: Honda Resmi Memboyong PCX 160 ke Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya)

Desain wajah Hayabusa yang ikonis tetap dipertahankan, sedangkan hal yang diperbarui adalah siluet yang mengalir dan menungkik ke depan yang terlihat melalui garis-garis tajam untuk memberikan nuansa agresif.

Hayabusa 2021 mengusung dua warna (two-tone) yang mengadopsi kelir berbeda pada bodi utama, bagian kecil sekitar intake udara depan, penutup mesin samping, dan di bagian belakang.

Bagian lain yang menjadi ciri motor ini adalah penempatan lampu belok (sign) yang tertanam pada sisi luar bodi dekat intake udara depan. Konsep itu digunakan pertama kalinya oleh Suzuki untuk Hayabusa.

Beralih ke jantung pacu, Hayabusa kini menggunakan mesin empat silinder segaris 1.340cc dilengkapi throttle elektronik "ride-by-wire" dan mekanisme intake dan exhaust yang disempurnakan untuk meningkatkan output dan torsi saat kecepatan rendah hingga menengah.

(Baca juga: Daftar Harga Skuter Maxi per Februari 2021 di Indonesia, Ini Paling Murah)

Motor itu juga telah memenuhi syarat standar emisi Euro5 untuk spesifikasi Eropa, namun tetap mempertahankan kinerja yang optimal pada kecepatan tinggi.

Fitur baru pada motor itu antara lain Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang membantu memilih pola berkendara pada lima sistem kontrol elektronik yang berbeda, termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan dua kontrol lainnya.

Teknologi S.I.R.S. juga dilengkapi Active Speed Limiter yang pertama kalinya diadopsi Suzuki untuk produk sepeda motor. Fitur itu memungkinkan pengendara menetapkan batas kecepatan yang tidak boleh dilampaui dalam keadaan tertentu.

Suzuki belum mengumumkan harga Hayabusa 2021, namun sejumlah media otomotif internasional mewartakan bahwa motor itu mungkin akan dibanderol sekitar Rp400-an juta sebelum dikenakan pajak.

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini