Belasan Mobil di Desa Miliarder Tuban Rusak, Ini 3 Cara Merawat Mobil Mewah

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 52 2366751 banyak-mobil-warga-tuban-yang-diborong-rusak-pemilik-wajib-lakukan-cara-ini-untuk-perawatan-5jZEgSHQcW.jpg Service mobil ilustrasi (foto: Okezone)

TUBAN - Fenomena kampung miliarder di Desa Sumergeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur mendadak viral. Video yang beredar warga sekampung di Tuban tersebut memborong 176 mobil baru setelah mendapatkan uang dari pembebasahan lahan untuk proyek kilang minyak.

Disayangkan, tidak sedikit warga yang sekedar ikut-ikutan saja, padahal mereka tidak bisa nyetir mobil. Akibatnya, bukan hanya kerusakan pada kendaraan barunya itu, bahkan ada yang harus mengalami kecelakaan hingga mobilnya hancur.

Menurut informasi, sebanyak 15 mobil harus mengalami kecelakaan akibat manabrak pagar rumah mereka sendiri. Padahal mereka nyetir belum sampai ke jalan raya, baru disekitaran perkampungan saja.

Baca Juga: Warga Tuban Borong 176 Mobil, Ini Jenis, Harga dan Spesifikasinya

Kejadian yang dialami mereka tentu sangat disayangkan, mengingat harga mobil yang rusak karena kecelakaan tidaklah murah. Karena itu, Okezone merangkum dari AutoGuide, bagaimana merawat dan mengendarai mobil mewah di jalan raya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan.

Jika Anda ingin membeli kendaraan mewah baru ataupun bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya biaya yang harus dipersiapkan untuk membeli mobil mewah, namun perlu juga kesiapan pengetahuan dalam perawatan kendaraan mewah:

Baca Juga: Sengaja Terobos Banjir, Klaim Asuransi Berisiko Ditolak

Pertama

Pengendara harus diperhatikan adalah bahan bakar, karena banyak mobil mewah membutuhkan bahan bakar premium. Pastikan untuk menentukan bensin yang dibutuhkan, dan anggaran untuk itu Jika kendaraan mewah menggunakan bensin reguler yang lebih murah, hal tersebut dapat mengurangi performa mesin, dan efisiensi bahan bakar.

Kedua

Pengendara juga harus memperhatikan ban dan rem. Anda sebaiknya memeriksa biaya penggantian ban sebelum membeli. Harga ban semakin mahal jika diameter ban semakin besar.

Pilihlah roda dengan ukuran yang sesuai, karena dapat mengurangi biaya penggantian Anda, bahkan dapat meningkatkan kualitas berkendara. Komponen pengereman kendaraan mewah, seperti bantalan dan rotor, juga bisa lebih mahal daripada kendaraan umumnya.

Banyak kendaraan mewah yang menggunakan xenon high-end atau sistem lampu LED. Pencahayaan malam hari juga menggunakan top-notch. Anda harus mempersiapkan biaya lebih tinggi jika lampu tersebut mati.

Ketiga

Untuk perawatan kendaraan mewah terutama kendaraan sport, memiliki interval servis lebih pendek. Berarti memerlukan prosedur yang lebih banyak dan penggantian cairan yang kemungkinan mahal.

Kabanyakan kendaraan mewah menjalankan mesin injeksi langsung, diperlukan sistem bahan bakar dan pembersihan sistem intake.

Pertimbangkan untuk menghindari fitur high-end yang membuat kendaraan Anda telihat "wow", karena hal ini dapat mengurangi biaya jangka panjang Anda. Demikian, dilansir dari AutoGuide.

 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini