Polri Terima Hibah Mobil Listrik Tesla Model 3, Harganya Rp1,5 Miliar

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 52 2368618 polri-terima-hibah-mobil-listrik-tesla-model-3-harganya-rp1-5-miliar-aCfwAMjEVK.jpg Mobil listrik Tesla Model 3 diberikan kepada jajaran Korlantas Polri (foto: Riyandy/iNews)

JAKARTA – Prestige Motorcars mengibahkan satu unit mobil listrik Tesla Model 3 seharga Rp1,5 miliar kepada jajaran Korlantas Polri. Mobil listrik tersebut diberikan kepada kepolisian Indonesia untuk menciptakan lingkungan tanpa gas emisi. Kendaraan tersebut di desain personel kepolisian melakukan patroli lalu lintas.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengungkapkan, mobil listrik tesla untuk patroli ini akan dipergunakan dengan baik untuk jajarannya. Mobil ini diharapkan bisa menambah mobilitas jajaran Polantas semakin baik.

“Hari ini kami kedatangan tamu teman-teman dari IMI, tidak saja bersilaturahmi tapi banyak hal yang kita bicarakan untuk program-program ke depan kerjasama dan plus nya lagi hari ini IMI datang kesini memberikan hibah satu kendaraan tesla untuk patroli lalu lintas kita,” kata Istiono di Jakarta.

Hibah Tesla ini, lanjut Istiono, bisa dijadikan motivasi bagi Korlantas agar beralih ke mobil listrik sebagaimana program pemerintah. Menurutnya, mobil listrik ramah lingkungan serta lebih efektif dalam berkendara.

Mobil Tesla Polri

Sementara, CEO Prestige Motorcars, Rudy Salim menyatakan siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI yakni mempercepat penggunaan kendaraan berbasis baterai. "Maka itu, satu unit Tesla Model 3 sudah kami siapkan untuk jajaran kepolisian RI," kata CEO Prestige Motorcars, Rudy Salim lewat siaran pers, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Korlantas Polri Terima Hibah Mobil Listrik Tesla untuk Patroli dari IMI

Baca Juga: Kendaraan Sumbang 75% Polusi Udara di Jakarta, Uji Emisi Bakal Digencarkan

Di acara yang sama, dewan pengawas IMI (Ikatan Motor Indonesia), Syamsul Bahri menyatakan, dengan adanya hal ini, pihaknya berharap masyarakat juga bisa beralih dari kendaraan bahan bakar konvensional menjadi kendaraan ramah lingkungan.

"Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan keinginan masyarakat terhadap mobil listrik yang ramah lingkungan tanpa gas emisi," kata Bahri.

Seperti diketahui, Tesla Model 3 yang sudah dilapisi stiker warna mobil kepolisian, mampu menempuh jarak 400 km hanya dalam sekali pengecasan dengan estimasi biaya sangat minim sekitar Rp70.000 saja.

Di Indonesia, Tesla Model 3 dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam.

Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam. Soal harga, dilihat dari website resmi Prestige Motorcars, mobil listrik Tesla Model 3 dipasarkan dengan harga Rp1,5 miliar.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini