Viral, Suzuki Jimny Versi Panjang Berkeliaran di Jalanan

Muh Iqbal Marsyaf, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 52 2379456 viral-suzuki-jimny-versi-panjang-berkeliaran-di-jalanan-9avgIRXkTS.jpg Suzuki Jimny model panjang (foto: motor1)

TOKYO - Off-roader favorit, Suzuki Jimny , sudah ditawarkan dalam beberapa varian, tergantung pasarnya. Versi global (dikenal di Jepang sebagai Jimny Sierra) memiliki panjang 3.550 milimeter (139,8 inci) sedangkan mobil Kei spesifikasi JDM hanya 3.395 mm (133,7 inci).

Model di India merupakan yang terbesar, berukuran 3.645 mm (143,5 in). Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Jimny dengan wheelbase panjang akan segera hadir, dan spy shot dari Motor1 di artikel ini memberi kita pandangan awal seputar Jimny dengan bodi lebih panjang.

Baca Juga: Suzuki Jimny 3 Pintu Ternyata Tak Disukai di India

Motor1 melaporkan, selain jarak ekstra antara as roda depan dan belakang, prototipe ini terlihat hampir sama dengan konfigurasi Jimny yang lebih pendek, lengkap dengan roda cadangan yang dipasang di belakang mirip Mercedes G-Class.

Menariknya, mobil ini masih hanya memiliki dua pintu, meskipun kita mendengar gaya bodi empat pintu yang lebih praktis menjadi agenda untuk memudahkan penumpang belakang keluar-masuk. Sebab, konfigurasi jarak sumbu roda yang panjang akan memberikan keuntungan dalam hal ruang kaki belakang dan memungkinkan ruang kargo sedikit lebih luas.

Baca Juga: India Dipilih Jadi Pusat Produksi Suzuki Jimny

Suzuki Jimny 1

Belum ada kabar apakah Suzuki juga merencanakan versi pikap mengingat konsep Jimny Survive untuk Tokyo Auto Salon beberapa tahun lalu memiliki tempat tidur mungil. Jarak sumbu roda yang diperpanjang dan kemungkinan jok belakang dihapus dapat memberi ruang untuk tempat tidur truk yang lebih besar, tapi masih harus dilihat apakah itu akan terjadi.

Masalah yang lebih mendesak adalah status Jimny di Eropa, karena pada tahun 2020 Suzuki terpaksa mengubah model saat ini menjadi kendaraan komersial dua tempat duduk guna membantu memenuhi emisi CO2 rata-rata armada perusahaan. Homologasi Jimny sebagai kendaraan komersial berarti unit harus tunduk pada target rata-rata armada UE yang jauh lebih ketat yaitu 147 gr/km daripada 95 gr/km untuk mobil penumpang.

Dalam skenario yang ideal, Jimny LWB akan memiliki mesin yang lebih efisien (dan bertenaga) daripada mesin 1.5-liter yang disedot secara alami dengan tenaga 100 tenaga kuda yang ditawarkan saat ini. Mesin yang lebih tipis, mungkin dengan bantuan hibridisasi dan turbocharging, akan mengembalikan versi penumpang, tapi itu hanya angan-angan pada saat ini.

Suzuki diperkirakan akan mengungkap Jimny yang membentang akhir tahun ini ketika turunan empat pintu itu juga bisa bergabung. Dari apa yang kita dengar, versi dengan pintu belakang akan dirakit di India dengan menggunakan kit yang diimpor dari Jepang. Yang publik otomotif harapkan, pabrikan memiliki rencana global untuk Jimny yang lebih ramah keluarga.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini