PPnBM 0%, Inden Terios dan Xenia Baru Jadi Lebih Lama

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 52 2396165 ppnbm-0-inden-pemesanan-terios-dan-xenia-baru-jadi-lebih-lama-Dptay72B1C.jpg Daihatsu New Terios (foto: Tachta Citra Elfira)

JAKARTA – Kebijakan pemerintah memberlakukan relaksasi PPnBM hingga 0%, berdampak sejumlah pabrikan mobil kebanjiran pesanan, salah satunya Daihatsu. Karena kebijakan tersebut ada beberapa jenis mobil yang sampai harus inden dengan waktu yang cukup lama.

Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan, Terios dan Xenia adalah dua mobil yang cukup tinggi peminat setelah adanya relaksasi PPnBM.

Hal tersebut terlihat dari waktu inden untuk kedua mobil tersebut yang cukup lama dibanding model lainnya. Konsumen saat ini harus menunggu sekitar 3 bulan untuk mendapatkan Terios.

Baca Juga:  Pasar Sepi, Harga Mobil Bekas Anjlok

Sementara Xenia, paling tidak butuh 2 bulan. Waktu inden yang cukup lama ini karena permintaan pada bulan Maret cukup tinggi.

"Kalau kita liat Terios itu sekarang bisa sampai tiga bulan mereka menunggu. Xenia mungkin harus menunggu dua bulanan," ungkapnya, saat konferensi pers virtual, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: PPnBM 0% Berdampak Melesatnya Penjualan Mobil Baru hingga 72,6% 

Jika dari permintaan SPK, Terios mengalami peningkatan yang paling tinggi di Maret lalu. Bahkan permintaan Terios meningkat hampir 140 persen.

"Kalau kita lihat berdasarkan permintaan SPK, Terios itu mengalami peningkatan yang paling tinggi di bulan Maret kemarin. Growth nya 139 persen, hampir 140 persen," ujar Hendrayadi.

Untuk model lain, kata dia, pihaknya masih bisa memenuhi dengan waktu inden yang tidak terlalu lama.

"Kalau model lain masih bisa kita penuhi dengan waktu yang tidak terlalu lama. Tapi dua model ini permintaanya yang cukup tinggi," pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini