Wow, Mobil Listrik Pertama Negara Ini Terinspirasi Kubah Batu Masjid Al-Aqsa

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 52 2401347 wow-mobil-listrik-pertama-negara-ini-terinspirasi-kubah-batu-masjid-al-aqsa-KAcmTLahjX.jpg Mobil listrik pertama Palestina (Foto: Gulf News)

LEBANON - Krisis ekonomi dan ketegangan politik yang mendera Lebanon ternyata tidak menghalangi Lebanon berkarya membuat mobil listrik. Baru-baru ini dilaporkan Wionews, seorang pengusaha Lebanon berdarah Palestina, Jihad Mohammad merilis mobil listrik buatan Lebanon yang bernama Quds Rise.

Jihad Mohammad mengatakan mobil ini merupakan mobil pertama yang dibuat secara lokal di Lebanon. Dari awal hingga akhir semuanya menggunakan sumber daya yang ada di Lebanon. Yang menarik Jihad Mohammad mengatakan mobil ini terinspirasi oleh Palestina. Beberapa simbol Palestina dapat ditemukan di mobil ini.

Misalnya logo emas yang ada di mobil yang menurutnya terinpirasi dari Dome of the rock atau Kubah Shahkrah Masjid Al-Aqsa yang berwarna emas. Sementara nama mobil yakni Quds Rise berarti kebangkitan Quds dimana Quds dalam bahasa Arab menunjuk pada Yerusalem.

(Baca juga: IIMS 2021 Catat 100.074 Pengunjung, 2.580 Kendaraan Terjual)

Jihad Mohammad mengaku mendirikan perusahaan bernama EV Electra empat tahun lalu untuk membuat mobil listrik pertama di Lebanon. Saat ini dia telah memperkerjakan 300 karyawan yang merupakan warga negara Palestina dan Lebanbon. Dia berencana mobil itu akan diproduksi tahun ini dengan target 10.000 unit per tahun.

Dia berharap di masa depan mobil listrik Lebanon ini akan mampu bersaing dengan mobil-mobil ramah lingkungan lainnya sepertti hibrid dan listrik. Dia juga berharap mobil ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Lebanon meski saat ini menghadapi krisis ekonomi dan ketegangan politik. Quds Rise sendiri dijual di harga USD30.000 atau setara Rp429,2 juta.

(Baca juga: Keren, Mercedes-Benz Siapkan Mobil Listrik EQT)

 (sst)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini