Besok Diluncurkan, Toyota-Daihatsu Kembali Berkolaborasi Melalui Raize dan Rocky

Dani M Dahwilani, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 52 2402711 besok-resmi-diluncurkan-toyota-daihatsu-kembali-berkolaborasi-melalui-raize-dan-rocky-RHKNPddPW4.jpg Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kembali berkolaborasi (foto: Toyota)

JAKARTA - Toyota, Daihatsu dan Astra kembali berkolaborasi dalam menghadirkan kendaraan baru yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di Indonesia. Ini seiring dengan kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di pasar Tanah Air yang akan diluncurkan resmi pada Jumat (30/4/2021).

Di Indonesia, kolaborasi ini telah berlangsung selama hampir dua dasawarsa, yaitu sejak 2003 dengan hadirnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Semua produk diproduksi di dalam negeri, di mana untuk produk tertentu sudah memiliki komponen lokal bahkan mencapai 95 persen.

Baca JugaDaihatsu Rocky Dipastikan Dirilis Berbarengan dengan Toyota Raize pada 30 April

“Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal. Kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia mengembangkan industri otomotif,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki dalam keterangan persnya, Rabu (28/4/2021).

Tidak hanya menyediakan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar ekspor kendaraan roda empat di Indonesia. Hingga saat ini, kontribusi mereka lebih dari 60 persen.

Baca Juga:  Toyota Raize Bersiap Mengaspal di Tanah Air, Ini Kisaran Harganya

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia.

“Daihatsu bekerja sama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan. Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami, Sebab itu, kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” ujar President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro menuturkan Astra sebagai mitra jangka panjang Toyota dan Daihatsu senantiasa mendukung penuh kolaborasi ini sejak awal untuk dapat menghadirkan mobilitas yang sesuai bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa. Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.

Bagi Toyota-Astra Motor (TAM), kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Demikian pula Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berkomitmen memastikan Daihatsu Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT ADM terbesar di Indonesia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini