Cara Mudah Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi Menjelang Lebaran

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 52 2402906 cara-mudah-jual-mobil-bekas-dengan-harga-tinggi-menjelang-lebaran-diZmZAdJiC.jpg Mobil bekas (foto: Okezone)

JAKARTA - Menjual mobil bekas dengan harga tinggi atau dengan penurunan harga yang masih relatif kecil presentasenya, memang tak mudah. Pemilik mobil selain harus melakukan perawatan pada mobil secara baik, untuk mendukung nilai jual kembali harga mobil bekasyang akan ditawarkan ke konsumennya.

Bahkan ada yang justru berpikiran untuk menjadikannya sebagai investasi, untuk membuatnya sebagai investasi, tentu kita harus menjaga kondisi mobil dengan melakukan berbagai perawatan kendaraan dengan benar sehingga kondisi mobil tetap baik setelah dipakai bertahun-tahun agar harganya relatif stabil.

Baca Juga:  Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Faktor-Faktor yang Harus Anda Diperhatikan 

Tingginya pasar mobil bekas selama pandemi tak lepas dari kesadaran masyarakat terhadap penggunaan mobil pribadi yang dinilai menjamin penggunanya tetap aman dari penyebaran virus covid-19. Kondisi inilah yang membuat pasar mobil bekas banyak diburu konsumen.

Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga harga jual kembali sebuah mobil. Langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Baca Juga:  Aturan PPnBM 0% Dinilai Tak Berpihak Pedagang Mobil Bekas

"Dengan selalu melakukan perawatan di bengkel resmi, mobil Mitsubishi Anda akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik," ungkap Boediarto.

Harga jual kembali sebuah kendaraan dapat dikatakan baik apabila persentase harga jual kembali kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan yang terlalu signifikan terhadap harga awal saat pembelian kendaraan dalam kondisi baru.

Calon pembeli mobil bekas terkadang menjadikan parameter ini untuk menilai kualitas kendaraan. Bahkan tak sedikit dari calon pembeli akan meminta track record dari mobil yang akan dibeli. Untuk menunjang hal itu, histori servis ini bisa diakses di semua bengkel resmi oleh pemilik dan ditunjukkan kepada calon pembeli untuk mengoptimalkan harga jual kembali.

Hal yang tak kalah penting karena akan langsung terlihat adalah menjaga kondisi kabin mobil. Interior mobil yang terawat bersih dan rapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemburu mobil bekas. Oleh karena itu sangat penting melakukan perawatan di sektor ini.

Bila perlu, bawalah kendaraan secara rutin ke salon mobil untuk mendapatkan perawatan yang menyeluruh, mulai dari bagian eksterior, interior hingga ke bagian ruang mesin. Hindari pemasangan aksesoris yang tidak direkomendasikan, terlebih yang terkait dengan kelistrikan, karena selain berbahaya juga dapat menggugurkan garansi resmi. 

Sementara itu, Ronald Reagan - Deputy Group Head of After Sales Planning and Marketing Group PT MMKSI menjelaskan Harga jual kembali mobil juga bisa tinggi kalau punya sertifikasi dari pabrikan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini