Masalah Kebocoran Rem, Hyundai Tarik 390 Ribu Mobil dari AS dan Kanada

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 52 2405907 masalah-kebocoran-rem-hyundai-tarik-390-ribu-mobil-dari-as-dan-kanada-d3FmSDy8Bv.jpg Foto: dok.

DETROIT - Hyundai menarik lebih dari 390.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada karena dua masalah yang dapat menyebabkan kebakaran mesin. Dalam melakukan recall ini, pemilik mobil diberitahu untuk memarkir kendaraan mereka di luar ruangan sampai perbaikan dilakukan.

Ini adalah penarikan terbesar yang dilakukan Hyundai. Selama dua tahun, Hyundai me-recall 203.000 SUV Santa Fe Sport dari 2013 hingga 2015.

BACA JUGA: Latih AS Roma, Mourinho Dapat Hyundai Santa Fe Sebagai Tunggangan Baru

Beberapa ditarik untuk kedua kalinya. Minyak rem dapat bocor ke dalam anti-lock brake komputer, menyebabkan korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Dealer akan mengganti sekring dan komputer jika memang langkah ini diperlukan. Masalah komputer rem telah menyebabkan 18 kebakaran di AS, tetapi tidak ada cedera.

Hyundai mengatakan penarikan kembali "meningkatkan pemulihan". Perusahaan terus menyelidiki setelah penarikan September dan menemukan bahwa mengganti sekering akan mengurangi risiko keselamatan.

"Hyundai melakukan penarikan baru ini untuk memastikan keamanan pelanggannya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip Autoblog.

Penarikan kembali lainnya mencakup hampir 187.000 Elantra 2019 dan 2020, serta 2019 hingga 2021 Konas dan Velosters. Semuanya memiliki mesin 2 liter.

BACA JUGA: Kian Sengit, Hyundai Ramaikan Persaingan Mobil Terbang

Cincin piston mungkin tidak diberi perlakuan panas dengan benar, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin, kebocoran oli, dan kemungkinan kebakaran.

Hyundai mengatakan cincinnya bisa terlalu keras dan bisa terkelupas, membuat silinder mesin lecet. Masalah piston telah menyebabkan lima kebakaran tetapi tidak ada cedera, menurut dokumen.

Dealer akan memeriksa dan mengganti mesin jika perlu. Mereka juga akan menginstal perangkat lunak penginderaan kebisingan piston.

Kegagalan mesin dan masalah kebakaran di Hyundai dan afiliasi pembuat mobil Korea Kia telah mengganggu perusahaan selama lebih dari lima tahun, mempengaruhi pemilik lebih dari 8 juta kendaraan.

(DKA)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini