Cara Mudah Hilangkan Bau di Dalam Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 52 2408355 cara-mudah-hilangkan-bau-di-dalam-mobil-bisa-dilakukan-di-rumah-cJrC9sajwY.jpeg Ilustrasi membersihkan mobil yang bau (Foto: Cargurus)

JAKARTAMobil yang nyaman adalah segalanya saat kita bepergian. Mobil yang nyaman akan membuat penumpang "happy" dan perjalanan pun menjadi menyenangkan. Salah satu yang harus diperhatikan yakni masalah bau.

Bau tak sedap sangat mengganggu ketika kita sedang bepergian menggunakan mobil. Biasanya bau disebabkan dari kondisi dalam mobil yang kurang bersih.

Sisa makanan dan tumpahan soda jika dibiarkan terlalu lama bisa menjadi sumber bau yang menjengkelkan. Bau ini akan bertahan lama jika tidak segera dibersihkan.

Mumpung tidak bisa mudik tahun ini, yuk isi waktu Anda untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil dengan cara dan alat yang sederhana.

Berikut lima cara sederhana menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil yang dikutip dari berbagai sumber:

 (Baca juga: "Test Drive" Toyota Corolla Cross Hybrid, Sandiaga Uno: Nggak Ada Bunyinya!)

1. Gunakan Vacum Cleaner

Untuk menghilangkan bau di dalam mobil, cara pertama adalah dengan menghilangkan sumbernya. Biasanya bau disebabkan dari ceceran makanan atau sisa snack yang terjatuh ketika kita makan di dalam mobil.

Gunakan ujung vacum cleaner yang berujung ramping untuk menyedut debu, sisa makanan, dan sampah kecil lainnya yang sulit di jangkau.

2. Pakai Sikat, Sabun, dan Air

Setelah seluruh interior mobil bebas dari kotoran dan debu, saatnya membersihkan tumpahan minum yang ada di karpet atau jok mobil Anda. Untuk membersihkan tumpahan minum ini, siapkan sikat gigi, sabun batangan, dan air bersih.

(Baca juga: Dipesan saat IIMS 2021, Toyota Corolla Cross Hybrid Sandiaga Uno Sudah Ready)

Seperti membersihkan kotoran di baju, tumpahan minuman di jok atau dalam mobil dibersihkan dengan cara dibasahi lalu disikat dengan terlebih dahulu diberi sabun.

Jangan terlalu banyak memberikan air, cukup jika sudah terlihat basah saja. Lalu sikat hingga noda bersih dan dibersihkan lagi bekasnya dengan lap bersih yang sudah dibasahi.

Untuk menetralkan bau , gunakan bubuk kopi ditabur di bekas noda tumpahan minuman tersebut.

3. Kopi

Selain untuk diseduh, ternyata kopi juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan aroma tak sedap di dalam mobil. Paling tidak, kopi bisa menetralkan bau tak sedap di interior kendaraan Anda.

4. Jemur Lantai Karpet di Sinar Matahari

Panas matahari bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil. Caranya, keluarkan karpet lantai pelapis untuk dicuci dan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung.

5. Pakai Pengharum Beraroma Lembut

Langkah terakhir jika sudah menjalankan empat tahap sebelumnya adalah dengan memberikan pengharum beraroma lembut.

Jangan langsung menutup seluruh pintu mobil sehabis menyemprotkan pengharum. Biarkan pintu terbuka sekitar 15 menit agar sirkulasi udara berjalan maksimal.

 (sst)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini