6 Mobil Karya Anak Bangsa di Asia Tenggara, Esemka hingga Proton

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 52 2412334 6-mobil-karya-anak-bangsa-di-asia-tenggara-esemka-hingga-proton-92RdO2NrzR.jpg Mobil Dendrobium (autocar.co.uk)

JAKARTA - Asia Tenggara merupakan salah satu pasar yang seksi di industri otomotif. Berbagai merek mobil di dunia di pasarkan di sini, termasuk Indonesia.

Tetapi sebenarnya negara-negara di Asia Tenggara juga memiliki merek mobil ciptaan sendiri. Mungkin memang belum terlalu terkenal di dunia, namun sudah cukup membanggakan bagi negara tersebut.

Baca juga:  Targetkan Low SUV, Honda N7X Concept Ancam Toyota Rush, Xpander Cross dan Suzuki XL7

Berikut ini deretan mobil asli ciptaan negara-negara di Asia Tenggara, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (19/5/2021).

Indonesia (Esemka)

Salah satu mobil buatan Indonesia adalah Esemka. Merek yang didirikan sejak 2007 sudah sangat populer di dalam negeri. Terlebih setelah kembali dipopulerkan oleh Joko Widodo.

 ilustrasi

Vietnam (VinFast)

Lewat VinFast, Vietnam telah membuktikan diri sebagai negara di Asia Tenggara yang memiliki kemampuan di bidang otomotif. VinFest menyuplai mobil untuk kelas menengah di negaranya.

Baca juga: Kiprah Mobil Esemka yang Laris Diminati Instansi Pemerintah

Singapura (Dendrobium)

Tak tanggung-tanggung, Singapura berhasil menciptakan hypercar bertenaga listrik asli negaranya. Mobil ini mampu menciptakan tenaga sebesar 1.500 HP dan torsi 4.000 Nm, dengan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dala 2,6 detik, serta kecepatan maksimum sekencang 400 km/jam.

Thailand (Thai Rung)

Thai Rung merupakan produsen mobil asal Thailand. Thai Rung mengembangkan mobil buatan mereka sendiri dengan mengambil basis produk dari produsen-produsen mobil ternama.

Malaysia (Proton dan Perodua)

Malaysia memiliki perusahaan produsen mobil yang bernama Proton. Merek ini sempat menguasai 74% pangsa pasar mobil baru di Malaysia. Selain Proton, Malaysia juga mempunya mobil nasional dengan merek Perodua.

Myanmar (MADEI dan Shan Star)

Tak mau kalah, Myanmar yang negaranya tertutup ternyata punya mobil buatan sendiri. Myanmar memiliki produsen mobil dengan nama MADEI dan Shan Star.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini