Cara Cegah Terjadinya Kecelakaan di Gerbang Tol, Pengemudi Wajib Tahu!

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 87 2415227 cara-cegah-terjadinya-kecelakaan-di-gerbang-tol-pengemudi-wajib-tahu-mSIiEeeVUD.jpg Gerbang tol (Antara)

GERBANG tol kerap kali menjadi tempat terjadinya kecelakaan lalu lintas, entah karena rem blong atau yang lainnya. Kadang kendaraan yang tak terkendali menabrak mobil lainnya yang antre di gerbang tol.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bertransaksi di gerbang tol.

Pertama, jangan salah mengambil gerbang tol. Sesuaikan gerbang dengan golongan kendaraan yang digunakan.

 Baca juga: Tunda Dulu Beli Mobil Listrik Porsche Taycan, Ada Keluhan Hilang Tenaga

"Mengambil gerbang untuk kendaraan besar, karena risiko akibat tertabraknya bisa fatal. Pilih gerbang sesuai golongannya" ujarnya kepada MNC Portal Indonesia dalam pesan singkat, Senin (24/5/2021).

 ilustrasi

Saran lain saat membayar tol, menurut Sony, adalah dari jauh pilih gerbang tol yang paling sepi. Hal ini untuk menghindari Anda terjebak antrean.

Selain itu, jangan berlama-lama atau malah merasa nyaman di pintu gerbang.

Baca juga:  4 Filter Mobil yang Perlu Diperiksa Usai Perjalanan Jauh

"Segera berjalan ketika gate terbuka untuk menghindari adanya kendaraaan rem blonk dari belakang," kata Sony.

Ketika memang harus menunggu, jangan lupa untuk selalu melihat ke kaca spion dan jaga jarak dengan kendaraan dan bersiap untuk mengantisipasi apabila kendaraan di belakang tidak mengurangi kecepatan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini