5 Mobil Terkecil di Dunia, Nomor 3 Masuk Guinnes World Record

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 52 2421537 5-mobil-terkecil-di-dunia-nomor-3-masuk-guinnes-world-record-ewvjayKDNC.jpg Peel P50 (inhabitat.com)

MOBIL diproduksi untuk memudahkan manusia bepergian. Seiring perkembangan zaman, desain mobil pun beragam. Bahkan produsen berlomba-lomba menampilkan bentuk mobil yang menarik agar lebih laku di pasaran.

Pada kota-kota yang tingkat kepadatan lalu lintasnya sangat tinggi, mobil dengan bodi lebih kecil biasanya lebih disukai masyarakat karena lebih memudahkan dan bisa masuk ke jalan kecil.

Baca juga: Canggihnya BMW X5, Apa Saja Kelebihannya?

Beberapa negera sudah ada loh yang memproduksi mobil yang ukuranya terlihat sangat kecil. Akomodasi kabinnya hanya di peruntukan untuk satu orang saja.

Berikut ini deretan mobil terkecil di dunia:

1. Isetta

Mobil ini diproduksi pertama kali di Italia pada tahun 1953 -1955. Dengan desain satu pintu saja. Untuk dapat masuk ke dalam kabin mobil ini letak pintu tersebut berada depan.

ilustrasi

Isetta (wikipedia)

Mobil rakitan Italia ini merupakan mobil yang populer pada zamanya dengan sentuhan modifikasi dari kesepakatan lisensi. Model nya yang nyeleneh dan bulat ini sering disebut sebagai mobil gelembung. Panjang mobil ini 2,2m lebar 1,3m dan tinggi 1,3m dan memiliki kecepatan 85km/ jam.

2. Brutsch Mopetta

Mobil ini juga merupakan mobil terkecil yang hanya memuat satu penumpang saja. Kendaraan ini dibuat pada tahun 1956 dan hanya diproduksi 14 unit saja.

Hingga tahun 19658 merupakan tahun terakhir pembuatan mobil ini dengan di desain lebih panjang sedikit dari sebulumnya.

Brutsch Mopetta ini memiliki panjang 1,7m dan lebar hanya 88cm serta tinggi 1meter dengan berat 78 kilogram saja. Mobil ini di desain seperti mobil mainan karena hanya terdapat tiga buah roda saja.

3. Peel P50

Peel P50 awalnya di produksi pada tahun 1962-1965 di Isle of Man oleh Peel Engineering Company. Lalu dilakukan produksi kembali pada tahun 2010 dengan desain yang lebih modern dengan konsep elektrik car. Panjang kendaraan ini sendiri hanya 1.3m lebar 1m dan tinggi 1,3m serta beratnya hanya 59kg.

Namun mobil kecil ini tidak bisa bergerak mundur, akan tetapi Peel P50 ini di desain terdapat pegangan di bagian belakang mobil sehingga pengemudi dapat keluar untuk memundurkan kendaraan ini memakai tangan.

Mobil ini pernah masuk dalam sejarah Guinnes Book of World Record sebagai mobil terkecil selama 50 tahun.

4. Eshelman Sport Car De Luxe

Mobil ini memiliki berat 113kg dan diproduksi oleh perusahaan Cheston L. Eshelman dari Baltimore. Perusahaan ini awalnya bergerak dibidang pembuatan pesawat kecil hingga merambah ke produksi traktor, perahu hingga mobil kecil.

Panjang mobil ini 1,3 meter dan lebar 60cm serta tinggi 60cm. Sangat disayangkan mobil ini disuntuk mati pada tahun 1961.

5. Coulson Car

Kendaraan khusus ini dirancang oleh Austin Coulson dan telah mencetak sejarah sebagai mobil terkecil di dunia menuru Guinness Book of Records. Mobil ini diadopsi dengan meniru model Chevrolet Bel Air pada tahun 1957.

Mobil ini memiliki panjang 1,2m dan lebar 64cm serta tinggi 63cm. Dengan berbagai fitur keselamatan di sematkan dimobil ini seperti wiper dan sabuk pengaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini