Kenali 3 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 52 2426046 kenali-3-penyebab-mesin-mobil-bergetar-saat-ac-dinyalakan-vg4Ib3tr14.jpg Ilustrasi AC mobil (driving.ca)

PERNAHKAH merasakan mesin mobil Anda bergetar tidak wajar saat menyalakan AC? Jika pernah itu berarti terdapat gangguan pada mesin mobil.

Kenali penyebab itu bisa terjadi pada mobil Anda. Mesin yang bergetar tak wajar tentu akan sangat tidak nyaman dan menganggu dalam berkendara.

 Baca juga: 7 Tanda Oli Mobil Kekurangan Volume dan Efeknya

Segera lakukan pengecekan supaya masalah tersebut tidak merembet pada komponen mobil lainnya.

Dikutip dari Auto2000, berikut penyebab mesin bergetar saat AC dinyalakan :

1. Idle Up bermasalah

Gejala mesin tiba-tiba bergetar ketika AC dinyalakan terjadi umumnya terdapat masalah dari sistem Idle Up. Hal ini terjadi karena posisi RPM terlalu rendah.

Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar. Jika Anda mengalami hal ini segera bawa ke bengkel terdekat dan lakukan perbaikan. RPM yang rendah membuat kinerja beban mesin jadi bertambah.

 

Sebenarnya dengan mematikan AC bisa mengatasi masalah idle up namun itu akan membuat Anda tidak nyaman karena kabin mobil sudah pasti menjadi panas.

Baca juga: Cara Aman Mencuci Mesin Mobil

Jadi cobalah periksa kondisi sensor dan aktuator mobil. Jika kotor bisa dibersikan lalu dipasang kembali. Jika masih mendapati kembali mobil bergetar berarti sistem aktuator mobil sudah jelek maka segera ganti dengan yang baru.

2. Bearing AC sudah kocak

Kemudian bisa jadi indikasinya terdapat pada masalah bearing atau pulley AC mobil yang mengalami kerusakan. Jika komponen itu rusak membuat putaran kompresor AC menjadi tidak lancar dan tersendat.

Posisi yang tidak lancar itulah yang mengakibatkan getaran pada mobil. Segera lakukan penggantian bearing atau pulley AC dengan yang baru.

3. Terjadi frosting pada AC Mobil

Penyebab terakhir terdapat pada gagalnya sistem AC. Kasus seperti ini memang jarang diketahui oleh banyak orang. Biasanya penyebab utamanya adalah terjadi frosting pada bagian saluran AC mobil.

Frosting adalah kondisi freon yang membeku lalu akhirnya membuat alirannya freon menjadi terhambat.

Padahal sistem freon harus memiliki aliran yang lapang untuk memberikan suhu dingin ke dalam kabin mobil. Jangan sampai ada sistem AC yang buntu.

Jika aliran freonya tersumbat dan membeku, maka timbulnya getaran pada mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini