Bisa Cegah Kecelakaan, Ini 3 Fungsi Utama Kampas Rem Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 52 2426058 bisa-cegah-kecelakaan-ini-3-fungsi-utama-kampas-rem-mobil-J0eOFxlIKx.jpg Ilustrasi rem mobil (Car From Japan)

PADA sektor pengereman terdapat berbagai macam komponen yang terlibat dalam menurunkan laju kendaraan, termasuk fungsi kampas rem.

Mungkin nama komponen ini tidak terdengar asing di telinga Anda. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui pasti fungsi sebenarnya dari komponen tersebut.

Kampas rem ini termasuk komponen yang sangat vital pada sistem kerja pengereman. Komponen ini yang bekerja untuk menghentikan laju kendaraan dengan cepat yang letaknya yang tersembunyi di dalam roda kendaraan.

Baca juga:  Cek Penyebab Rem Sepeda Motor Berdecit

Komponen ini salah satu faktor keselamatan saat berkendara. Ada baiknya jika selalu di cek dan dilakukan penggantian part berkala guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Dilansir dari Auto2000, berikut fungsi dari kampas rem mobil:

1. Pengereman Lebih Mudah

Fungsi kampas rem yang pertama adalah membuat sistem pengereman lebih mudah. Kampas rem membuat proses pengereman berjalan dengan baik dan optimal.

Ketika didapatai sebuah kejadian dimana Anda harus melakukan pengereman mendadak, maka kampas rem membantu Anda dengan sigap untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan.

 

Cara kerjanya kampas rem akan menekan disc brake dan membuat ban mobil merespon dengan menurunkan kecepatan berputarnya hingga ban itu berhenti sesuai tingkat kedalaman Anda menginjak pedal rem. Jika itu digunakan terus menerus maka komponen ini akan menjadi tipis dan mengurangi pengereman.

Untuk itulah maka Anda harus mengganti kampas rem secara berkala. Jika dibiarkan, kemampuan pengereman mobil menjadi berkurang dan akan memperbesar peluang terjadinya kecelakaan.

2. Mempermudah Pengaturan Pengereman

Kampas rem berfungsi untuk mengatur laju ban mobil. Komponen yang ada pada lapisan amplas ini berguna agar sistem pengereman mobil dapat bekerja lebih baik. Apalagi saat mobil sedang melaju dan ingin berhenti atau berbelok.

Baca juga:  Hindari Mencuci Mobil Langsung Setelah Perjalanan Jauh, Ini Dampaknya

Sebagai pengendara pastinya Anda ingin tetap mengemudikan mobil dengan mudah. Dengan adanya kampas rem, maka mobil dapat dikendalikan secara penuh dan tidak menimbulkan masalah berarti.

Tidak ada lagi kesulitan untuk menghentikan mobil secara baik berkat adanya kampas rem. Ini akan membantu Anda mengendarai mobil dengan aman dan nyaman

3. Memudahkan Anda Melewati Kontur Jalan Sulit

Ketika mengendarai mobil di medan yang sulit seperti pegunungan maka peran kampas rem berpengaruh sangat besar. Jalanan yang menanjak serta turunan membuat Anda semakin sering menginjak pedal rem.

Saat terjadi kemacetan dijalan menanjak peran kampas rem akan menahan laju mobil ketika kondisi jalanan cukup ramai, begitu juga ketika turunan.

Agar laju mobil dapat dikendalikan dengan baik dan maksimal maka Anda akan semakin sering menginjak pedal dan menggunakan kampas rem ini.

Jika kampas rem berfungsi secara maksimal maka akan meningkatkan keselamatan Anda dan mengindari dari insiden berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini