4 Jenis Velg Mobil Berdasarkan Material Pembuatannya, Apa Saja?

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 52 2426267 4-jenis-velg-mobil-berdasarkan-material-pembuatannya-apa-saja-d5vMI6BrJn.jpg Velg mobil (dok Okezone)

DAYA tarik sebuah mobil tidak hanya dilihat dari bodinya saja, tetapi juga bisa dari velg. Tak sedikit pemilik mobil yang mengubah eksterior satu ini agar mencuri banyak mata di jalan.

Tetapi yang perlu diketahui, velg mobil memiliki jenisnya tersendiri. Tak hanya untuk pemampilan, tetapi velg juga berpangaruh terhadap akselerasi dan handling mobil.

Baca juga:  Awas Bahaya, Jangan Modifikasi Velg Sembarangan

Berikut ini beberapa jenis velg mobil, yang dikategorikan berdasarkan bahan material pembuatannya, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

Velg baja

Jenis velg yang terbuat dari baja biasanya lebih dikenal dengan sebutan velg kaleng, karena bentuknya yang mirip kaleng. Padahal, pembuatannya menggunakan baja yang merupakan perpaduan material (alloy) besi dan karbon.

 

Velg baja merupakan salah satu jenis terkuat dibanding jenis material velg lainnya. Tapi harus diingat, material baja berimbas pada berat roda dan tentunya memengaruhi performa mobil.

Selain itu jenis ini memiliki fleksibilitas desain yang minim. Artinya, bentuk dari velg baja cenderung monoton sehingga terlihat seperti kaleng.

Velg alumunium

Velg yang terbuat dari aluminium cukup populer, sebagai pengganti velg jenis baja yang identik dengan mobil klasik atau retro. Velg alumunium (alloy) terdiri dari paduan alumunium, magnesium, dan nickel.

Baca juga:  Cegah Mobil Terbakar, Ikuti 5 Langkah Ini

Didasari material tersebut, velg alumunium digadang lebih kuat dengan bobot yang lebih ringan. Selain itu, velg jenis ini lebih mudah dibentuk menjadi berbagai jenis desain.

Velg magnesium

Velg berbahan magnesium merupakan salah satu velg yang tidak sepopuler dibandingkan velg lainnya, meskipun velg magnesium digadang lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan velg alumunium.

Velg magnesium juga lebih mampu meredam guncangan dan panas dari rem. Ketidakpopuleran itu disebabkan karena lebih rentan terhadap korosi.

Dengan begitu, velg magnesium kebanyakan hanya digunakan untuk keperluan balapan. Tetapi sebagai catatan, velg magnesium tidak mudah terbakar, meski berbahan dasar material yang mudah terbakar.

Velg karbon

Jika dibandingkan tiga jenis material velg sebelumnya, velg karbon merupakan jenis yang pemimpin. Sebab, karbon fiber sudah lama dikenal sebagai material yang ringan dan kuat

Biasanya, material ini juga digunakan untuk dijadikan chassis serta body dari mobil-mobil supercar.

Namun, proses pembentukannya tidak semudah dan secepat logam seperti alumunium dan besi. Terlebih harganya juga cenderung lebih mahal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini