Mudah Didapat, 5 Bahan Alami Ini Bisa untuk Pengharum Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 87 2426721 mudah-didapat-5-bahan-alami-ini-bisa-untuk-pengharum-mobil-mRfcBTCpa8.jpg Ilustrasi kopi (Freepik)

RUANG kabin mobil yang harum bisa membuat pengendara semakin nyaman dan rileks dalam berkendara. Saat ini tersedia banyak jenis parfum dengan berbagai rasa atau aroma untuk menjadi pilihan bagi pengharum ruangan.

Namun, tetap harus berhati-hati dalam memilih pengharum ruangan, karena jika salah atau tidak cocok, dapat menimbulkan bau apek pada kabin, bahkan rusaknya dashboard mobil hingga AC mobil.

Untuk menghindari itu, Anda bisa juga memakai pengharum ruangan alami.

Baca juga: Cukai Rokok Naik, Kenali Sulitnya Menghilangkan Bau Asap Rokok di Kabin Mobil

Dilansir dari Auto2000, berikut 5 bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengarum ruangan mobil :

1. Pandan

Selain bisa digunakan sebagai bahan dapur untuk memasak dan membuat kerajinan tangan, pandan ternyata juga dapat menjadi pengharum mobil alami.

ilustrasi

Pandan (Wikipedia)

Pandan memiliki wangi yang enak dan khas dan tidak terlalu menyengat sehingga aman bagi pengemudi. Cara menggunakannya pun sederhana.

Anda cukup mengambil 20 helai daun pandan segar. Letakkan daun pandan tersebut di bawah jok mobil Anda. Aroma daun pandan segar ini mampu bertahan selama dua minggu.

2. Serai

Bahan alami berikutnya adalah serai. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan jamu atau obat tradisional.

Selain menyehatkan tubuh, aroma yang dimiliki serai juga cocok untuk dijadikan pengharum mobil alami. Serai mengandung minyak atsiri yang baik untuk memperkuat sistem saraf Anda.

Baca juga: Cara Bersihkan Kabin Mobil Usai Terendam Banjir

Ambil 20-25 tangkai serai kemudian letakkan dalam wadah tertutup yang diberi lubang. Simpan di dasar kabin mobil.

ilustrasi

3. Kayu manis

bahan alami selanjutnya adalah kayu manis. Rempah-rempah ini memiliki aroma khas yang bisa untuk dijadikan pengharum mobil alami.

Anda bisa menggunakan kayu manis yang masih utuh atau yang sudah menjadi bubuk dan letakan dalam wadah kecil yang diberikan udara. Anda bisa menyimpan pada setiap sisi mobil untuk aroma yang maksimal.

4. Melati

Aroma bunga melati yang khas ini selalu cocok untuk dijadikan pengharum. Selain banyak dijadikan pengharum badan, melati juga cocok untuk pengharum mobil. Sebab aroma bunga memiliki efek relaksasi sehingga baik untuk kegiatan yang menuntut konsentrasi tinggi seperti mengemudi.

Untuk menggunakannya Anda cukup ambil beberapa buah bunga melati lalu letakan bunga di dekat AC supaya aroma wanginya menyebar di dalam interior mobil.

 

5. Kopi

Kopi adalah bahan rekomendasi yang cocok dijadikan pengharum mobil. Hal itu disebabkan karena kopi memiliki aroma yang kuat, tetapi enak untuk dihirup. Selain itu bahan alami kopi juga dapat menyerap bau yang tidak sedap seperti bau apek atau bau asap rokok.

Penggunaan bahan ini Anda bisa mengambil segenggam bubuk atau biji kopi. Letakkan dalam sebuah wadah tertutup yang telah diberi lubang kecil-kecil. Lalu Anda bisa simpan wadah pada sisi bagian kabin mobil untuk memberikan aroma menyeluruh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini