AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 87 2427271 ac-mobil-anda-tidak-dingin-kenali-8-penyebabnya-m6ewTDVgmU.jpg AC mobil (driving.ca)

AC mobil merupakan komponen penting mobil. Perannya untuk membuat kabin mobil menjadi sejuk sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Namun apa yang dirasakan jika AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin. Sekedar hanya mengeluarkan hembusan angin tetapi tidak membuat ruangan dalam kabin dingin, bahkan terasa sumpek dan panas.

Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman dalam mengendarai mobil, apalagi pada siang hari saat terik matahari menyengat. Kenali penyebabnya berikut ini.

Baca juga: Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Rusak, Wajib Tahu!

Dilansir dari Auto2000, ini penyebab AC mobil tidak dingin :

1. Freon habis

Ini merupakan penyebab umum yang sering terjadi pada kendaraan mobil. Pasalnya AC membutuhkan freon untuk membuat kabin mobil terasa sejuk. Segera cek ke bengkel spesialis AC untuk mengetahui penyebabnya.

Jika terjadi kebocoran pada freon, maka lakukan penggantian selang yang menimbulkan freon cepet abis. Jika tidak terjadi kebocoran maka cukup isi freon saja untuk mengembalikan sensasi sejuk dalam kabin mobil Anda.

Ilustrasi

2. Extra fan mati

Komponen ini juga mempengaruhi AC mobil Anda menjadi tidak dingin loh. Apabila komponen ini mati maka akan mempengaruhi proses kondensasi.

Kondensasi adalah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Jika extra fan mati maka tidak adanya penurunan suhu sehingga AC sehingga terasa panas masuk kedalam kabin.

3. Kompresor rusak

Penyebab ketiga adalah kompresor yang rusak. Kompresor mobil berfungsi untuk mempompa freon untuk disalurkan keseluruh sistem AC.

Baca juga: Apa Aman Matikan Mesin Mobil Saat AC Menyala?

Jika di cek kondensor Anda terlihat bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa maka sistem kompresor mengalami keausan bahkan kerusakan.

4. Kondensor kotor

Kondensor adalah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor. Maka komponen ini jangan sampai kotor. Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin.

Rajin-rajin memberisihkan kondensor mobil agar tidak terjadi penyumbatan yang membuat AC mobil tidak dingin.

5. Sistem tekanan AC berlebihan

Hal ini disebabkan karena pengisian oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan di dalam freon AC meningkat. Jika tekanan meningkat maka kompresor akan menjadi panas.

6. Evaportaor kotor dan tersumbat

Hal ini juga menjadi penyebab AC mobil tidak dingin yaitu Evaporator yang tersumbat debu dan kotoran. Biasanya terjadi pada setiap mobil evaporator sangat kotor bahkan kotoranya tebal berupa lendiran basah. Itu yang menyebabkan aliran udara dari blower menjadi terhambat. Hal yang terjadi akibatnya sirkulasi AC juga jadi terganggu.

Pastikan rutin melakukan pembersihan evaportor mobil agar terjaga keawetannya dan AC mobil sellau prima untuk mendinginkan kabin mobil.

7. Thermistor rusak

Thermistor adalah kependekan dari thermo dan resistor. Komponen ini memiliki tanggung jawab mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Apabila di ketahui thermistor rusak maka tidak akan ada sinyal yang dikirimkan ke kompresor. Hasilnya kompresor bakal terus menerus bekerja hingga evaporator beku. Jika di dapati evaporator membeku maka membuat AC mobil Anda tidak dingin hanya mengeluarkan hembusan angin.

8. Fan belt putus

Fungsi fan belt di dalam AC adalah sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Apabila fan belt ini putus atau mengalami kerusakan lain, maka bisa dipastikan kinerja kompresor tidak akan maksimal karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini