5 Tips Atasi Kaca Mobil Macet, Pakai Minyak Goreng hingga Semir Ban

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 87 2428609 5-tips-atasi-kaca-mobil-macet-pakai-minyak-goreng-hingga-semir-ban-tFpwHGTdhL.jpg Interior mobil (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pernah mengalami kaca mobil macet? Kaca mobil macet pasti dapat mengganggu aktivitas selama berkendara, seperti misalnya ketika harus membayar tiket pintu gerbang tol atau tiket parkir.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kaca mobil macet. Dilansir dari laman Auto2000, Senin (21/6/2021) berikut ini lima caranya.

 

1. Bersihkan karet kaca mobil

Penyebab utama dan yang paling sering terjadi ketika kaca mobil mengalami macet terletak pada karetnya. Karet kaca mobil yang kotor akibat debu membuat kaca menjadi seret sehingga power window tidak dapat menggerakan kaca mobil secara otomatis.

Untuk membersihkan karet kaca mobil, Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk mengeluarkan debu yang mengendap pada bagian selipan antara karet dan kaca mobil, kemudian bersihkan karet secara keseluruhan dengan menggunakan lap yang agak basah.

Ilustrasi mobil 

2. Semprot silicon spray

Cara kedua dan juga merupakan cara lanjutan dari poin pertama adalah dengan menyemprotkan silicon spray pada bagian karet jendela kaca mobil.

Silicon spray dapat menjaga kaca mobil dari lecet atau baret yang dihasilkan dari karet kaca mobil. Selain itu, kinerja power window mobil juga dapat lebih maksimal dan lancar dengan silicon spray ini.

3. Oleskan minyak goreng

Minyak goreng ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kaca mobil yang macet. Anda cukup melumasi bagian karet dan reel kaca secara tipis.

Cara ini bisa digunakan apabila tidak memiliki silicon spray. Pastikan Anda mengoleskan minyak goreng secara merata dan jangan sampai meluber ke area mobil lainnya.

4. Gunakan shampoo

Shampoo dapat merontokkan kerak yang menempel pada karet dan juga reel kaca mobil. Cara pengaplikasiannya cukup mudah.

Anda hanya perlu menggunakan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke dalam air shampoo untuk menyikat karet dan reel kaca mobil, lalu bilas dengan air bersih dan kemudian lap hingga benar-benar kering.

5. Melumasi dengan semir ban

Semir ban ternyata juga bisa digunakan untuk kaca mobil yang ngadat. Cukup dengan oleskan pada karet dan juga reel kaca mobil.

Setelah cairan semir ban dioleskan atau disemprotkan, Anda perlu mendiamkan cairan tersebut selama beberapa saat agar dapat terserap ke bagian dalam sela-sela karet dan reel kaca.

Jika cairan dirasa sudah meresap, Anda bisa mencoba untuk melakukan pengetesan dengan memencet tombol power window.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini