6 Tips Merawat Wiper Mobil Supaya Berfungsi Maksimal

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 87 2429137 6-tips-merawat-wiper-mobil-supaya-berfungsi-maksimal-MYCoSOp8sL.jpg Ilustrasi wiper mobil (Freepik)

MEMASUKI musim hujan, mengharuskan Anda untuk selalu mengecek kondisi kendaraan Anda, terutama wiper mobil. Part ini mungkin terlihat sederhana namun mempunyai fungsi keamanan yang tinggi di kala hujan. Hal ini sering disepelekan oleh para pengguna mobil.

Pasalnya wiper berfungsi sebagai komponen penggerak dalam kendaraan yang bertugas mengusap dan membersihkan kaca dari cipratan air, kotoran, hujan dan embun.

Baca juga:  Mengenal Beragam Jenis Perangkat Penyeka Kaca Mobil

Berikut cara merawat wiper mobil seperti dilansir dari Auto2000 :

1. Cek kondisi karet wiper

Wiper mobil terdiri dari dua bagian yaitu karet dan besi. Karet wipermemiliki fungsi untuk menghalau dan membersihkan air hujan dari kaca depan kendaraan. Sementara besi digunakan untuk menopang karet wipernyaKaret wiper ini bersifat sensitif.

Jangan biarkan bagian karet wiper ini rusak ataupun sobek. Jika robek maka kinerja wiper dalam menyapu air hujan tidak berfungsi secara maksimal. Biar terjaga keawetan wipernya pastikan tidak memarkir kendaraan di tempat panas. Sebab, suhu tinggi akan diserap oleh kaca dan berdampak pada wiper.

2. Merawat bagian poros wiper

Tips yang kedua yang bisa Anda lakukan dengan merawat bagian poros wiper.

ini disebabkan bagian poros memiliki peran krusial untuk menjaga pergerakan wiper selama berkendara di musim hujan. Untuk menjaga performanya tetap prima, berikan pelumas pada bagian wiper secara berkala.

3. Mencuci wiper dengan hati-hati

Tips ketiga yaitu mencuci wiper dengan hati-hati. Hal ini disebabkan bagian permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembab.

Baca juga: Ini Saatnya Anda Harus Mengganti Wiper Mobil

Jangan sampai kanebo yang Anda gunakan untuk mengeringkan bodi mobil malah menghilangkan cairan ini. Jika dibiarkan maka permukaan karet wiper akan mengeras dan itu akan membuat kaca depan menjadi lecet saat di gunakan di waktu hujan.

4. Siram saja wipernya dan hindari memakai sabun

Jangan gunakan sabun cuci untuk membersihkan wiper. Hal ini di hindari karena aka membuat karet wiper menjadi kering dan lama lama getas. Cukup bilas wiper dengan air bersih dan biarkan mengering sendiri setelahnya.

Hindari menggunakan lap untuk mengeringkan bagian permukaan wiper karena bisa berisiko menghilangkan cairan khususnya.

5. cairan wiper

Tips selanjutnya dengan mengisi cairan wiper khusus yang terdapat di dalam kap mesin.

Untuk menjaga wiper dalam menyapu air hujan dengan maksimal Anda bisa mengisi dengan cairan pembersih khusus wiper yang tersedia banyak dipasaran. Cairan ini dapat melicinkan bagian kaca sehingga pergerakan wiper tidak tersendat. Hal ini bertujuan menghindarkan kaca dari goresan wiper.

6. Ganti wiper secara berkala

Meskipun kondisi wiper sudah dilakukan perawatan bukan berarti Anda bisa menggunakan wiper secara terus menerus. komponen ini memiliki umur usaia pemakaian setidaknya satu tahun. Atau bisa menjadi indikasi awal apabila timbul suara decit saat digunakan segera cek bagian karet wiper.

Bila karet terlihat getas, maka lakukan penggantian karet wiper dengan yang baru. Beli lah karetnya saja yang sesuai dengan ukuran dan panjang kaca mobil Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini