Motor Jawa Ternyata Bukan Berasal dari Indonesia, Kok Bisa?

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 53 2432406 motor-jawa-ternyata-bukan-berasal-dari-indonesia-kok-bisa-upGBgpSD3Q.jpg Motor Jawa (Foto: Motorbeam)

JAKARTA - Jawa merupakan salah satu merek sepeda motor dengan konsep klasik. Mungkin banyak yang mengira bahwa merek Jawa berasal dari Indonesia, namun merek ini lahir di Republik Ceko.

Disitat dari berbagai sumber, Motor Jawa terjun di industri otomotif Ceko sejak 1929 silam. Nama Jawa diambil bukan dari nama pulau di Indonesia, melainkan dari nama pendirinya.

Adalah Frantisek Janecek, yang menggabungkan namanya dengan produsen mesin pertamanya, Wanderer. Di tahun kelahirannya, Jawa meluncurkan motor pertama yang dinamakan Jawa 500.

Motor ini yang menggunakan mesin 500 cc empat tak. Sementara tenaga yang dihasilkan hanya 18 dk.

Motor Jawa

Baca juga:

Kenali Ground Clearance dan Fungsinya sebelum Beli Mobil

Yuk, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport

Namun, Jawa 500 cenderung mahal pada masanya. Karena kebutuhan motor dengan harga lebih murah dan reliable meningkat, pada 1930-an Jawa menciptakan motor baru.

Berkolaborasi dengan teknisi asal Inggris, G.W. Patchett, Jawa sukses membuat mesin 175 cc dua tak silinder tunggal dan disematkan pada model Jawa 175.

Perang Dunia I dan II tak membuat Jawa gelar tikar. Meski bernapas sesak, tetapi Jawa mampu bertahan dan tetap hidup.

Nahas, pada 1996 Jawa akhirnya tutup produksi, hingga dibangkitkan kembali oleh perusahaan otomotif raksasa asal India, Mahindra.

Pada 2016, Mahindra melalui anak perusahaannya, Classic Legends Private Limited (CLPL), menandatangani kontrak linsensi merek Jawa yang memungkinkannya memproduksi motor dengan merek Jawa.

Motor Jawa 

Di bawah tangan Mahindra, pada 2018 tiga model Jawa lahir meramaikan industri otomotif dengan tetap mengusung desain klasik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini