Bukan Hanya Bocor, Ini 4 Penyebab Ban Mobil Sering Kempes

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 87 2435843 kenapa-ban-mobil-bisa-kempes-sendiri-tanpa-kebocoran-kenali-4-peyebabnya-LjGgVNIcaI.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PERMASALAHAN ban kempes kerap kali terjadi bagi pengguna mobil. Tapi pernah merasakan ban mobil sering kempes tapi tidak bocor?

Rupanya ban kempes tidak hanya dipicu oleh kebocoran saja. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang tanpa disadari bahwa mampu membuat ban mobil kempes.

Baca juga:  Cara Ganti Ban Mobil yang Kempes

Dilansir dari laman Auto2000, Senin (5/7/2021), berikut ini beberapa penyebab ban mobil sering kempes padahal tidak ada kebocoran sama sekali.

1. Mobil diparkir terlalu lama

 

Jika lama memarkir mobil, seperti lebih dari 1 minggu, ini bisa jadi penyebab ban mobil kempes.

Berdasarkan Hukum Gay-Lussac, ada pernyataan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Dengan begitu, suhu yang tinggi dapat menyebabkan tekanan lebih tinggi lagi.

Di dalam ban mobil, ketika suhu dingin, maka penurunan ini menyebabkan tekanan ban menjadi menurun. Akhirnya apa yang Anda dapatkan? Ban mobil menjadi kempes.

Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan. Ketika karet mengerut, maka terbentuk ruang kosong antara ban dengan velg. Inilah yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya.

2. Lubang angin ban rusak

Lubang angin atau pentil yang selalu tersedia di permukaan ban harus memiliki segel dengan kondisi baik. Jika ditemukan celah yang cukup besar untuk membuat angin keluar, maka ban pasti kempes dengan sendirinya.

Baca juga:  5 Mobil dengan Harga Termurah di Dunia

Kerusakan ini biasa terjadi karena lubang angin ban mobil sudah berkarat. Karet yang menjadi perapat antara velg dengan pentil juga bisa mengalami getas. Angin juga bisa keluar dari sana.

3. Kondisi velg ban peyang

 

Velg dan ban menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kinerja mobil. Namun ketika velg mobil mengalami masalah peyang, maka ban dapat kempes dengan sendirinya.

Peyang yang terjadi di velg menyebabkan dudukan ban tidak mampu menempel rapat. Kondisi ini membuat udara di dalamnya terisolasi.

Penyebab velg yang sudah peyang biasanya karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Jadi tetap hati-hati dan selalu fokus di jalan agar masalah ini tidak terjadi.

4. Tidak ada penutup lubang angin

 

Penutup lubang angin selalu harus digunakan di bagian ban. Jika tidak ada penutupnya, tekanan angin di dalam ban pasti berkurang. Akhirnya ban mobil menjadi sering kempes.

Penutup lubang angin ini tetap perlu dicek setiap ingin berkendara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini