Mobil Tidak Bisa Distater? Kenali 5 Faktor Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 87 2435859 mobil-tidak-bisa-distater-kenali-5-faktor-penyebabnya-qKpRw2t7tc.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PERNAHKAN Anda mengalami mobil sulit distarter atau bahkan tidak bisa distarter sama sekali. Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi kalau saat mau bepergian.

Lakukan pengecekan segera jika mobil Anda terjadi hal serupa. Bagaimana caranya?

Baca juga:  Bukan Cuma Esemka, Ini 10 Mobil Nasional Indonesia yang Pernah Diciptakan

Melansir dari laman resmi Suzuki, Senin (5/7/2021), berikut penyebab mobil sulit bahkan tidak bisa distarter.

1. Aki

Hal yang harus di cek pertama kali yaitu Aki. Komponen ini merupakan bagian yang sering di temui dan mengalami gangguan. Akibatnya yang terjadi mobil mendadak mengalami keausan atau soak.

Biasanya yang terjadi mobil akan sulit di startar karna aku yang lemah. Segera lakukan penggantian aki atau bawa ke tukang aki untuk di strum.

2. Dinamo Starter

Bagian ini juga sering dialami bagi sejumlah pengguna mobi bahwa dinamo starter mengalami konslet atau mati. Hal itu disebabkan karena dinamo memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil, jika mengalami kerusakan maka kendaraan Anda sulit dinyalakan.

Baca juga: 5 Mobil dengan Harga Termurah di Dunia

Jika kendaraan Anda mengalami hal tersebut segera ke bengkel untuk memeriksa komponen altenator dan dinamo starter. Terdapa dua cara bisa dengan memperbaiki atau mengganti kedua komponen tersebut dengan yang baru.

3. Busi

Selanjutnya, peranan busi juga menjadi faktor yang dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Anda bisa mengeceknya dengan melihat kondisi busi.

Jika busi sudah jelek dan mengalami kerenggangan jarak pada sumbu, maka gantilah busi dengan yang baru.

4. Koil

Jika ketiga komponen tersebut tidak mengalami kerusakan, maka bisa jadi koilnya yang mengalami keausan. Jika koil mobil memiliki suhu sangat panas atau robek bisa jadi pemicu mobil tidak bisa di starter.

Segera kebengkel terdekat untuk mengganti koil dengan yang baru untuk dapat memproduksi percikan api ke ruang bakar secara sempurna.

5. Aliran bahan bakar

Hal selanjutnya juga bisa jadi pemicu mobil tidak bisa di starter yaitu aliran bahan bakar yang terganggu. Sehingga yang terjadi Bahan bakar mobil tidak bisa mengalir dengan normal yang dapat memicu mobil mendadak sulit dinyalakan. Jika ini terjadi pada kendaraan Anda.

Maka Anda tidak bisa memperbaiki sendiri. Butuh tenaga bengekl yang professional untuk menangani hal tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini