Share

Kenali 3 Sistem Penggerak pada Mobil, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 87 2436232 kenali-3-sistem-penggerak-pada-mobil-apa-kelebihan-dan-kekurangannya-CPaWHFy6al.jpg Ilustrasi perawatan mobil (Freepik)

PRODUSEN mobil kini berlomba-lomba meluncurkan produk terbaiknya. Mulai dari menggunakan desain, mesin, transmisi, fitur hingga sistem penggerak terbaik rancangan mereka.

Tentunya semua itu didasari dengan riset pasar dan kebutuhan konsumen. Pada ulasan kali ini akan membahas tentang sistem penggerak pada setiap mobil. Pasalnya sistem penggerak pada setiap mobil mempunyai fungsi, keunggulan serta kekuranganya masing-masing.

Baca juga: Kesal Produksi Mobilnya di Review Negatif, Produsen Mobil Ini Mengadu ke Polisi

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, mengenai macam-macam sistem penggerak pada mobil:

1. Front Whell Drive (FWD)

Merupakan sistem penggerak roda depan. Mekanismenya adalah sumber tenaga di salurkan pada roda depan mobil. Umumnya sebagian besar mobil crossover, Hatchback, City Car memiliki penggerak roda depan.

Biasaya terlihat di dalam isi kap mesin mobil, Letak mesin tersebut di buat melintang yang berguna untuk mengirimkan tenaga ke dua roda depan.

Ilustrasi

Keuntungan mobil berpenggerak roda depan (FWD) yaitu soal distribusi bobotnya dan akselerasi mobil tersebut. Bobot yang dihasilkan dari FWD seimbang serta memiliki tarikan awal yang lebih enteng. Serta pada lantai mobil penumpang belakang lurus dan tidak terdapat tonjolan yang menggangu Anda pada saat melangkah.

Di sisi lain juga terdapat kerugiannya yaitu mobil akan sulit dan berusaha keras untuk melewati medan jalan yang menanjak. Dikarenakan bobot depan lebih berat ketimbang belakan.

Baca juga: Pernah Eksis di Jakarta, 5 Transportasi Umum Ini Sekarang Tinggal Kenangan

Selain itu tanjakan yang dilalui dengan penggerak roda belakang lebih mudah mengalami slip. Ini biasa terdapat pada mobil Ayla, Calya,Sigra, Honda Jazz, March, Grand Livina, Yaris dan lain-lain.

2. Rear Wheel Drive (RWD)

Merupakan sistem penggerak roda belakang. Mekanismenya sumber tenaga di salurkan ke roda depan mobil melalui gardan yang berada di bagian belakang mobil.

Keuntungan mobil berpenggerak RWD adalah berbelok dengan lebih mulus karena roda penggerak tidak bekerja berlebihan dan juga memiliki nafas kecepatan yang lebih panjang serta sangat mudah dalam melewat tanjakan curam sekalipun.

Ilustrasi

Hal itu dikarenakan bahwa bobot penggerak roda belakang seimbang dan juga tidak menyebabkan ban slip.

Kekuranganya yaitu terdapat tonjolan cukup besar pada lantai baris belakang dikarenakan terdapat gardan untuk sistem penggeraknya, lalu kekurangan selanjutnya adalah traksi awalnya tidak sereponsip mobil berpenggerak depan. Mobil yang menyematkan RWD berupa Avanza, Xenia, Expander, Rush, Terios dan lain-lain.

3. All Wheel Drive (AWD) dan Penggerak empat roda (4WD)

All Wheel drive atau AWD merupakan sistem penggerak semua roda. Mekanisme nya adalah tenaga mobil disalurkan melalui keempat roda tersebut. Kelebihan dari sistem All Wheel Drive ini adalah akselerasi cepat dan melimpah.

Hal itu dikarenakan tenaga disalurkan melalui empat roda yang menjadikanya terasa kencang. Namun terdapat kekurangan yaitu banya menjadi boros. Sebab semua ban bergerak menyalurkan tenaga masing-masing.

Jadi jika ban sudah habis alur nya maka harus mengganti empat ban. Mobil yang memakai sistem AWD meliputi mobil sport seperti Nissan GTR, Mini Cooper, Audi A4, Subaru Imprezza dan lainnya.

Ilustrasi

Untuk perpenggerak 4WD atau yang kita kenal dengan sebutan 4x4 serupa dengan mobil berpenggeran AWD. Akan tetapi yang membedakan adalah penggerak ini terdapat drivetrain. Drivetrain dapat mempermudah Pengemudi untuk memilih menyalurkan tenaga ke dua roda atau keempat rodanya.

Keuntunganya kebutuhan pengemudi lengkap dan sangat mencukupi untuk keperluan dalam berkendara.

Kerugianya mobil berpenggerak 4x4 cenderung boros bbm. Penggerak 4WD biasa digunakan dalam mobil Pajero Sport, Fortuner, Jeep Wrangler dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini