Jangan Mencuci Mobil dengan Sabun Colek, Ini Alasannya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 87 2436928 jangan-mencuci-mobil-dengan-sabun-colek-ini-alasannya-MpUELc0pBs.jpg Ilustrasi cuci mobil (Carwashlogin)

MENCUCI mobil sendiri terkadang menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Terlebih Anda menghemat pengeluaran, serta menghabiskan waktu luang untuk membersihkan secara menyeluruh kotoran yang menumpuk pada bodi mobil hingga kesela-sela terkecil.

Namun Anda mesti paham bahwa mencuci mobil tidak boleh sembarangan, karena bisa berdampak buruk pada kendaraan. Misalnya mencucinya dengan menggunakan sabun colek atau sabun cuci piring.

Baca juga: Cara Aman Mencuci Mesin Mobil

Dilansir dari situs resmi Suzuki, berikut alasan larangan memakai sabun colek dan sabun cuci piring saat mencuci mobil.

Apakah boleh mencuci dengan menggunakan sabun colek dan sabun cuci piring?

Jawaban yang paling tepat atas pertanyaan ini adalah tidak boleh dan tidak disarankan. Hal ini disebabkan karena dapat membuat cat mobil Anda rusak. Jika dilakukan secara terus menerus maka perlan cat mobil Anda akan pudar warnanya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa memakai sabun cuci piring dan sabun colek membuat hasil cucinya terlihat bersih dan kinclong. Namun secara perlahan itu dapat membuat lapisan pernish pada cat mobil terkikis sehingga dapat membat cat pudar bahkan menjadi belang

Gunakan Shampoo Rekomendasi Khusus Mobil

Tetap bagaimanapun dalam mencuci kendaraan Anda gunakan shampoo khusus untuk mobil. Shampoo mobil memberikan perlindungan khusus pada cat mobil Anda.

Baca juga: Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Api

Gunakan sabun yang direkomendasikan oleh pabrikan yang memiliki kadar Ph di atas 7 dan memiliki kandungan 60% silikon. Jika dibawah rekomendasi tersebut kualitasnya kurang bagus.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini