5 Bagian Mobil yang Rentan Terpapar COVID-19, Bersihkan Secara Rutin!

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 87 2438120 5-bagian-mobil-yang-rentan-terpapar-covid-19-bersihkan-secara-rutin-It1ZxIp7Uv.jpg Ilustrasi bersikan mobil (Perfectionautodetails)

PANDEMI COVID-19 kini masih melanda dunia termasuk Indonesia. Varian virus baru corona terus menyebar, bisa menular ke siapa saja melalui berbagai media. Tak kecuali bagian-bagian tertentu pada mobil.

Untuk itu, dalam kondisi seperti sekarang, penting sekali rutin menjaga protokol kesehatan termasuk kebersihan mobil, khususnya dalam kabin agar terhindar dari virus dan bakteri yang menempel.

Baca juga: Ternyata Begini Lho Fungsi dan Cara Kerja Immobilizer pada Mobil

Lakukan pembersihan secara menyeluruh dan detail terutama bagian ini. Terdapat bagian atau spot mobil ini yang sangat rentan terpapar oleh virus COVID-19. Mulailah peduli dari sekarang demi kesehatan Anda dan keluarga.

Dilansir dari Times Of India, Jumat (9/7/2021), berikut beberapa bagian mobil yang membutuhkan perhatian lebih untuk dibersihkan karena berpotensi terpapar virus setiap saat :

1. Setir mobil

Setir mobil merupakan komponen mobil yang paling jelas dan sering disentuh. Sebab setir mobil berfungsi untuk mengkontrol laju mobil. Setir juga merupakan sarang bakteri dan virus. Maka dari itu rajinlah untuk membersihkan dan menyemprotkan desinfektan pada seluruh bagian setir mobil Anda.

Ilustrasi

2. Handle Pintu

Ini juga merupakan komponen yang wajib di bersihkan secara rutin. Pasalnya handle pintu juga merupakan hal yang sering di genggam dan disentuh oleh banyak orang dengan berbagai tangan yang beda-beda.

Sebab pintu berfungsi untuk Anda masuk dan keluar dari mobil.

Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Luangkan waktu luang untuk mengelap dan membersihkan gagang pintu, baik bagian dalam maupun luar.

3. Tombol pada dashboard

Tombol-tombol yang terdapat di dasboard mobil Anda juga dapat beresiko tinggi terpapar COVID-19.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Bau di Dalam Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

Baik Anda maupun pegemudi sering mengatur berbagai fitur yang berada pada tengah dasboard seperi mengatur arah semburan AC, temperatur AC atau meletakan barang pada laci penimpanan dasboard.

Bersihkan dasboard secara menyeluruh secara rutin, karena dasbor sebagian besar terbuat dari plastik dan virus diyakini bertahan di plastik lebih lama daripada kebanyakan permukaan lainnya.

4. Doortrim pintu

Selanjutnya hal ini juga patut menjadi perhatian juga yaitu doortrim pintu mobil. Sebab baik Anda maupun pengemudi terkadang sering mengistirahatkan tangan Anda pada doortrim yang terdapat sandaran tangan.

Ilustrasi

Lalu virus juga bisa beresiko tinggi pada tombol power window yang terdapat di doortrim mobil. Maka dari itu bersihkan dan semprotkan desinfektan pada doortrim mobil.

5. Tuas Transmisi

Ini hampir sama perananya dengan stir mobil, merupakan komponen yang paling sering di sentuh. Hal itu dikarenakan tuas transmisi berfungsi untuk memindahkan posisi gigi kendaraan.

Karena di anggap beresiko tinggi dalam penyebaran virus COVID-19, maka dari itu lakukan pembersihan secara rutin dan juga semportkan desinfektan untuk mengurangi penyebaran virus lebih parah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini