Awas Rem Lengket jika Mobil Lama Diparkir, Begini Solusinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 87 2438186 awas-rem-lengket-jika-mobil-lama-diparkir-begini-solusinya-DVuEV7Bs4u.jpg Ilustrasi menekan pedal rem mobil (Driversedguru)

PERNAHKAH rem mobil Anda mengunci pada pada satu roda? Jika dipaksakan akan timbulnya suara hentakan keras abnormal secara tiba-tiba dan laju mobil menjadi seret serta muncul suara decitan cukup keras.

Jika Anda mencoba untuk menekan pedal rem, maka yang terjadi rem akan terasa sangat keras tidak seperti pada kondisi normal.

Baca juga: Bisa Cegah Kecelakaan, Ini 3 Fungsi Utama Kampas Rem Mobil

Hal itu disebabkan karena kampas rem dalam keadaan basah. Entah karena habis melewati genangan air atau setelah mobil dicuci, kemudian parking brake atau rem tangan diaktifkan lalu dibiarkan cukup lama di dalam garasi. Sehingga kanvas rem yang basah tersebut akan mengering dan menempel di piringan rem yang menimbulkan efek lengket.

Biasanya sering terjadi pada mobil bagian roda belakang yang masih mengadopsi rem tromol. Sebab kanvas rem untuk tromol terbuat dari bahan asbes yang memiliki sifat mudah menyerap air.

Baca juga: Cara Menjaga Agar Rem Mobil Tak Cepat Blong

Jika sudah mengalami hal seperti ini, maka penting bagi Anda untuk segera melakukan pengecekan lebih lanjut terkait hal tersebut.

Solusi Mengatasi Rem Mobil Lengket

1. Solusi Pertama, Anda periksa seluruh komponen rem , di mana letak masalah ban yang terkunci yang diakibatkan rem lengket. Jika ditemukan hanya satu roda saja berarti benar terdapat masalah pada rem. Namun yang terjadi dua roda maka mobil Anda mengalami masalah pada sistem penggerak roda.

Sudah diketahui terdapat masalah pada rem kemudian coba untuk menjalankan mobil dalam keadaan maju dan mundur dengan hentakan spontan. Alhasil yang akan terjadi sedikit demi sedkit rem akan terbuka walau laju mobil masih terasa seret dan berat.

Selanjutnya Anda bisa menjalankan mobil dengan di iringi menekan rem secara teratur. Hal tersebut berguna untuk membersihkan kotoran kampas yang kering dan menempel pada piringan rem.

2. Solusi kedua, Jika solusi pertama tidak terjadi perubahan yang signifikan sebaiknya segera periksakan kepada bengkel yang ahli untuk dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

Membongkar komponen rem total untuk membuat laju mobil menjadi tidak seret serta rem menjadi lebih enteng dan dapat berfungsi dengan normal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini