Jangan Terkecoh Harga Murah, Ini 8 Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 87 2440042 jangan-terkecoh-harga-murah-ini-8-tips-cerdas-membeli-mobil-bekas-SVBSCyc74b.jpg Ilustrasi mobil bekas (Okezone)

MOBIL bekas atau seken jadi primadona di tengah harga mobil baru yang relatif mahal. Harga mobil bekas yang lebih murah membuatnya diburu pembeli. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli mobil bekas. Tujuannya tentu saja agar mendapat barang yang sesuai harapan.

Membeli unit mobil bekas juga harus hati-hati. Anda harus teleti dengan baik semua proses dan kondisi mobil tersebut supaya unit yang Anda pilih bagus dan menghemat pengeluaran untuk biaya perbaikan.

Baca juga: Punya Uang Rp50 Juta Pengen Beli Mobil Diesel? Ini Daftar Pilihannya

Jangan terkecoh dengan harga murah. Berikut beberapa tips membeli mobil bekas :

1. Mencari tau informasi dari komunitas atau artikel online

Pastikan sebelum Anda membeli mobil bekas cari tau lebih dulu mengenai spek, kelebihan dan kekurangan serta penyakit dari mobil yang akan Anda beli dan bawa pulang ke rumah. Hal ini berguna sebagai refrensi dan mecocokan dengan dana yang Anda miliki.

Jangan sampai Anda bisa membeli mobil akan tetapi tidak sanggup untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan Anda bahwa sparepart mobil yang dibeli memiliki harga yang mahal.

Ilustrasi

2. Beli dari tangan pertama

Pastikan dalam membeli mobil melalui orang pertama yang menguasai dan tahu soal riwayat mobl yang akan Anda pinang. Apa saja yang perbaikan yang sudah di ganti pada pemilik pertama. Biasanya mobil dengan tangan pertama dari baru memiliki kondisi mobil yang ciamik.

3. Cek kondisi bodi dan cat mobil

Periksa kondisi fisik bodi mobil secara keseluruhan dan perhatikan pula warna catnya untuk menghindari mobil rekondisi karena bekas tabrakan.

Baca juga: Berencana Beli Mobil Bekas? Ini Faktor-Faktor yang Harus Anda Diperhatikan

Sebaiknya hindari mobil bekas tabrakan karena itu akan mempengaruhi harga dan juga rasa berkendara juga tidak nyaman dikarenakan bodi ketokan yang tidak presisi.

4. Cek kondisi mesin

Periksa dengan teliti kondisi mesin dan pastikan tidak ada bunyi-bunyi aneh yang timbul saat mesin di nyalakan. Hal itu untuk meminimalisir biaya perbaikan. Pastikan mesin mobil halus, sehat dan tidak mengalami overheat.

5. Cek Interior mobil

Periksa juga kondisi interiornya mulai dari dashboard, doortrim, steer, jok, plafon mobil pastikan semua dalam kondisi baik. Jangan lupa mengecek juga semburan AC , power window dan seluruh tombol yang terdapat pada kabin mobil. Semua itu diharapkan agar berfungsi dengan normal

6. Lakukan Test Drive

Setelah mengecek semua komponen mobil, ada baiknya Anda lakukan test drive untuk merasakan lebih lajut kondisi mobil yang akan Anda beli. Cara ini paling ampuh untuk mengetahui kekurangan mobil bekas yang akan Anda beli dan bawa pulang.

7. Periksa kelengkapan mobil

Tidak ada salahnya juga Anda mengecek dan menanyakan kepada pemilik mobil mengenai kelengkapan mobil yang akan Anda beli. Kelengkapan tersebut mengenai toolkit, P3k, dongkrak. Hal ini penting bagi Anda untuk berjaga-jaga ketika mobil mengalami ban bocor, maka Anda punya alat untuk mengganti ban sendiri dalam situasi emergency.

8. Cek kelengkapan suratnya

Ini tahapan paling penting dalam membeli mobil bekas pastikan semua dokumen dan surat-surat aman. Tanyakan soal pajak, dan sesuaikan no mesin dan no rangka di STNK dan BPKB. Jangan membeli mobil bodong dengan keadaan surat kendaraan yang tidak lengkap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini