Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Wiper Mobil? Kenali Tanda-tandanya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 87 2440171 kapan-waktu-yng-tepat-mengganti-wiper-mobil-kenali-tanda-tandanya-k7xhO9hW3Y.jpg Wiper mobil (Okezone)

WIPER merupakan part yang penting pada mobil. Pasalnya peran wiper sangat berguna untuk menyapu kotoran yang menempel pada kaca depan. Tak terkecuali waktu terjadi musim hujan.

Wiper mobil harus senantiasa dirawat dan diganti secara berkala guna untuk melindungi pandangan Anda kedepan pada saat mengendarai mobil.

Baca juga: 6 Tips Merawat Wiper Mobil Supaya Berfungsi Maksimal

Berikut tanda-tanda waktunya untuk mengganti wiper mobil :

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Wiper

Wiper kaca depan terbuat dari karet yang dapat terurai dan getas. Dampaknya kinerja wiper menjadi kurang efektif dari waktu ke waktu. Disarankan untuk Anda mengganti karet pada wiper setidaknya setahun sekali atau setiap 6-12 bulan.

Biasakan meluangkan waktu untuk memeriksa kodisi wiper Anda secara teratur dan mengetahui tanda-tanda apa yang harus diwaspadai saat mulai aus.

Ilustrasi

Penggunaan sehari-hari, keausan, sinar UV, cuaca pancaroba di Indonesia, perawatan yang kurang dapat menyebabkan wiper Anda rusak, retak dan bahkan robek lebih cepat dari perkiraan.

Ciri- Ciri Wiper Mobil Diganti

Ada sejumlah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa wiper Anda perlu diganti. Pastikan Anda memahami betul ciri tersebut. Jika diabaikan maka yang terjadi timbulkan lecet pada kaca depan mobil Anda. meninggalkan goresan di kaca depan, bintik-bintik, terbelah dan tentu saja, MENCIIT yang ditakuti :

1. Streaking /Goresan:

Lakukan pemeriksaan secara visual pada bilah karet wiper. Apabila ditemukan karet sudah karet telah mengeras dan retak karena disebabkan banyak faktor seperti paparan sinar ultraviolet matahari, getah pohon atau bahkan aspal jalandan pasir jalan dapat menyebabkan kerusakan pada karet.

Baca juga: Ciri Karet Wiper Mobil Sudah Tidak Layak Pakai

Maka yang akan terjadi timbulnya goresan pada setiap sapuan yang terlihat menonjol.

2. Skipping /Tidak tersapu bersih :

berikut ini sebagai tanda wiper mobil butuh di ganti. Hal ini disebabkan karena bilah karet wiper sudah tidak menyapu kotoran dengan baik dan sudah aus. Itulah yang menyebabkan noda air di kaca depan yang mengakibatkan keruh dan gangguan jarak pandang.

3. Squeaking/suara mencicit:

Ini juga merupakan ciri-ciri wiper mobil minta diganti dengan yang baru. Hal ini disebabkan karena timbulnya sudara berdecit pada saat wiper bekerja karena efek karet blade wiper yang sudah lama dan usang serta mengeras. Jika dibiarkan maka dapat mengores kaca depan mobil Anda.

4. Splitting / goresan yang terpisah :

Ciri-ciri selanjutnya kare wiper butuh penggantian adalah karet wiper yang melompat, bergetar, dan bersuara melintasi kaca depan.

Hal itu disebabkan karena perubahan suhu panas dan dingin dari waktu ke waktu atau dalam jangka waktu lama ketika wiper tidak digunakan maka timbulnya goresan yang terpisah pada saat menggunakan wiper.

Pastikan hindari menggunakan cairan pembersih, sabun cuci piring dan lain-lain direservoir washer kaca depan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini