Mobil Lama Nganggur selama PPKM Darurat? Begini Cara Merawatnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 87 2440331 mobil-lama-nganggur-selama-ppkm-darurat-begini-cara-merawatnya-vZgeYqssIV.jpg Ilustrasi (Foto: KTBS)

KEBIJAKAN Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali masih akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang. Pembatasan itu membuat banyak orang terpaksa mendekam diri di rumah dan menjalani Work from Home (WFH) demi mengurangi mobilitas dan menekan penyebaran Covid-19.

Dengan minimnya mobilitas ke luar rumah, tentu kendaraan khususnya mobil Anda akan terparkir dalam jangka waktu cukup lama.

Kondisi tersebut justru akan menyebabkan mobil tidak terawat yang akan mengakibatkan mobil susah di-starter karena lama menganggur.

Sehingga penting bagi Anda untuk merawat dan mengecek kendaraan di rumah supaya mesin selalu dalam kondisi prima. Berikut cara merawat mobil Anda yang lama terparkir selama masa PPKM darurat sebagaimana dilansir dari laman resmi auto2000.

1. Mengecek oli mesin dan transmisi

Hal pertama yang mudah diterapkan yaitu dengan mengecek level dan warna oli mesin yang Anda gunakan. Caranya cukup dengan menarik dipstick oli (berwarna kuning atau oranye atau hitam untuk oli transmisi) dan amati.

Baca juga: Ganti Oli Motor Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Jika ditemukan volume oli yang kurang dan oli yang sudah mulai keruh, maka Anda bisa menambahkan dengan oli baru atau segera ganti oli mesin dan transmisi dengan yang baru melalui layanan bengkel yang bisa dipanggil ke rumah.

Ganti Oli

(Foto: Agautosltd)

2. Cek air radiator

Selanjutnya, periksa juga level air radiator pada tabung reservoir. Apabila didapati volume air berkurang (berada di lower) maka tambahkan air radiator dengan air coolant dengan segera. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya overheat akibat air radiator yang habis pada saat Anda menggunakan mobil untuk beraktivitas.

3. Cek air wiper

Hal ini juga perlu mendapat perhatian Anda. Saat Anda membuka kap mesin untuk mengecek komponen lainnya, jangan lupa untuk mengisi air wiper. Hal ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

4. Bersihkan ruang mesin

Mungkin hal ini terlihat sepele dan sering diabaikan pemilik mobil. Namun hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan mesin. Engine bay yang kotor dapat menggangu komponen pada mesin seperti vanbelt dan pully yang akan cepat rusak karena bergesekan dengan kotoran oli, debu maupun jamur karena mobil lama tidak digunakan

5. Periksa dan mengisi tekanan ban mobil

Tak dipungkiri bahwa mobil yang lama tak digunakan akan membuat tekanan pada ban berkurang perlahan dan dapat mengakibatkan ban kempes. Oleh karenanya, ceklah secara berkala tekanan angin ban mobil Anda agar dapat tetap nyaman dan aman saat digunakan berpergian.

6. Panaskan mesin dan bawa jalan

Hal ini juga turut menjadi perhatian para pengguna kendaraan mobil. Panaskan mobil setidaknya seminggu dua kali agar oli mesin dapat bersirkulasi dan melumasi seluruh komponen mesin. Setelah itu bawa jalan kendaraan Anda, minimal keliling komplek perumahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua komponen dapat berjalan dengan normal dan tidak ada kerusakan yang timbul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini