Awas Licin! Ini 3 Jenis Ban Motor Paling Aman saat Musim Hujan

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 87 2440902 awas-licin-ini-3-jenis-ban-motor-paling-aman-saat-musim-hujan-9dhNy0drBM.JPG Ban Motor (Foto: Instagram/@rumahbanmotor)

BAN pada kendaraan roda dua alias sepeda motor merupakan komponen yang sangat penting. Sebab, satu-satunya komponen yang bergerak dalam bermanuver dan menyesuaikan kecepatan kendaraan yaitu ban.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mencari tahu ban mana yang cocok dipakai untuk motor Anda. Terlebih pada saat memasuki musim hujan, kondisi jalan yang basah dan licin dapat mengurangi traksi ban pada aspal.

Sehingga yang terjadi ban menjadi selip yang tentunya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan. Berikut tiga jenis ban yang cocok untuk musim hujan dilansir dari laman Astra Motor.

Jangan gunakan ban semi slick

Memakai ban semi slick memang bagus karena dapat memberikan grip yang maksimal pada jalanan aspal. Namun, hal itu berbeda ketika memasuki musim hujan tiba. Ban semi slick tidak mencengkram kuat pada jalanan aspal yang basah.

Ban Motor

(Foto: Instagram/@rumahbanmotor)

Hal itu dikarenakan tapak ban semi slick memiliki alur ban yang tipis dan minim sehingga dapat berpotensi besar terjadi Aquaplaning. Akibatnya adalah ban motor kehilangan traksi dan Anda pun bisa saja terjatuh. Hal itu disebabkan karena ban tidak bisa membelah air dengan maksimal.

Motif alur huruf V

Ban dengan motif huruf V termasuk kategori undirectional yang berarti ban tersebut memang direkomendasikan untuk melewati jalanan kering maupun jalanan yang basah.

Motif alurnya sangat efektif dan dapat menghindari terjadinya Aquaplaning. Hal ini dikarenakan alur huruf V tersebut berguna untuk memecah genangan air pada saat jalanan basah karena hujan.

Ban dengan banyak alur

Pakailah jenis ban yang memiliki banyak alur pada tapak ban ketika melaju di jalan basah atau selama musim hujan.

Hal ini dikarenakan alur pada tapak ban berfungsi sebagai jalur pemecah air ketika Anda melewati genangan air. Semakin banyak alur pada tapak ban Anda, maka akan semakin bagus dan efektir terjadinya selip pada saat menggunakan motor di musim hujan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini